Panduan untuk Pemula Menulis Konten SEO

- Oleh :

Panduan untuk Pemula Menulis Konten SEO – Pernah mendengarkan kata SEO? Untuk para digital marketer SEO merupakan bukan hal yang awam lagi. Tapi untuk kamu yang ingin memulai belajar SEO terutama ingin belajar copywriting kamu harus ketahui tentang SEO.

Lalu apa itu SEO ? dikutip dari Wikipedia Search Engine Optimization, biasa disingkat “SEO” adalah serangkaian proses yang dilakukan secara sistematis yang bertujuan untuk meningkatkan volume dan kualitas trafik kunjungan melalui mesin pencari menuju situs web tertentu dengan memanfaatkan mekanisme kerja atau algoritma mesin pencari tersebut. Mekanisme mesin pencari yang dimaksud adalah crawling, indexing, dan ranking

Artikel ini akan mencoba memberi tahu Anda tentang dasar-dasar copywriting dan aspek-aspek yang berhubungan dengan SEO. Artikel ini bertujuan untuk memberikan para pemula di industri  SEO(Search engine optimization), panduan bertujuan untuk menulis konten yang sesuai dengan kaidah seo, serta memberikan panduan kepada copywriter untuk mengingatkan mereka tentang beberapa trik yang belum di ketahui.

Panduan untuk Pemula Menulis Konten SEO

Panduan ini akan dibagi menjadi tiga bagian dari proses copywriting: sebelum, selama, dan setelah. Ini adalah bagian pertama dari panduan yang membahas hal-hal yang harus dilakukan copywriter SEBELUM menulis salinannya.

Sebelum Menulis

Sebelum menulis, Anda harus terlebih dahulu mengetahui tujuan mengapa Anda menulis konten tersebut. Tujuan Anda harus jelas dan pasti sehingga tidak ada keraguan tentang ide yang mungkin membingungkan pembaca Anda. Apakah tulisan itu untuk olahraga? Apakah ini untuk hiburan? Apakah itu pendidikan? Hal-hal ini harus jelas di benak Anda sebelum Anda menulis salinan Anda, sehingga aliran alami akan ada saat Anda menulis.

Hal lain yang perlu dipertimbangkan adalah untuk mengetahui untuk siapa Anda menulis dan kepada siapa Anda ingin menyampaikan pesan tersebut? Pengetahuan tentang audiens Anda akan memberi Anda banyak manfaat: orang dengan budaya berbeda hanya menanggapi pendekatan tertentu yang Anda gunakan, istilah teknis akan sangat sepele saat berbicara dengan pemula sementara detail yang dijelaskan dan dijelaskan akan sangat memakan waktu. Penting bagi Anda untuk mengatasi target Anda secara efektif jika Anda menginginkan lebih banyak konversi (membuat pengunjung situs menjadi pelanggan) di situs web Anda.

Tentang sumber daya

Mengetahui informasi yang benar pasti akan memberi Anda hasil yang benar. Mengetahui apa yang diinginkan orang dan apa yang mereka cari akan menjadi salah satu kunci untuk menjadi besar dalam bisnis ini. Salah satu hal yang dapat membantu Anda memperoleh informasi ini adalah melalui studi kasus, survei, dan jajak pendapat yang dapat ditemukan di seluruh internet. Sebagian besar studi ini memberikan informasi demografis umum tentang pengguna internet. Jika Anda cukup beruntung (karena tidak disarankan), Anda bahkan mungkin tersandung dengan informasi mengenai kebiasaan penelusuran dari berbagai demografi.

Setelah Anda memutuskan untuk menggunakan informasi tertentu dari internet, pastikan bahwa itu dari penulis atau sumber yang dapat dipercaya. Data yang salah dan tidak akurat berkembang biak di seluruh internet dan kebetulan Anda mungkin disesatkan oleh orang lain untuk menggunakannya, jadi, pastikan artikel atau studi yang akan Anda gunakan dibuat dan dilakukan oleh lembaga pendidikan bersertifikat atau perusahaan swasta terkenal jadi Anda tidak akan memiliki masalah tentang keasliannya.

Baca juga : 7 Kiat Cara Menjadi Copywriting

Sumber informasi lain yang efektif dari internet adalah halaman-halaman yang berperingkat tinggi di antara mesin pencari, terutama yang terkait dengan milik Anda. Analisis dan pelajari hal-hal efektif yang telah mereka lakukan untuk meningkatkan PageRank mereka dan menerapkannya pada pekerjaan Anda.

Anda juga dapat memeriksa halaman pesaing teratas Anda, Anda mungkin belajar banyak dari mereka tetapi berhati-hatilah untuk tidak menyalin karya dari komptitor Anda, karena mereka akan terus memeriksa pesaing mereka. Pedoman hak cipta akhirnya mengejar mereka yang mereplikasi konten, berakhir dalam daftar hitam oleh mesin pencari utama.

Panduan untuk Pemula Menulis Konten SEO

Forum SEO juga berguna untuk memandu Anda tentang tren terbaru dalam bisnis Pengoptimalan Mesin Telusur. Para ahli biasanya berkumpul di forum ini untuk membahas trik dan tren bisnis. Selain itu, pembaruan dan tren baru tentang Algoritma dan Teknologi Mesin Pencari dapat ditemukan di forum ini, jadi sangat disarankan agar Anda memeriksa forum tersebut. Namun, forum mungkin sedikit terlalu rumit untuk pemula karena istilah sering kali terlalu teknis untuk dipahami bahkan oleh pengguna berpengalaman.

Tentang kata-kata dan tulisan

Sekarang mari kita mulai bisnis! Saatnya untuk mengetahui kata kunci dan frase unik apa yang akan Anda gunakan! Kata-kata dan frase kunci akan menjadi salah satu yang akan Anda gunakan dan coba paparkan dalam tulisan Anda. Ini akan menjadi umpan yang Anda tempatkan untuk menarik dan mudah-mudahan menangkap pelanggan Anda.

Pertama-tama, Anda dan klien Anda harus bertukar pikiran bersama (wawancara jika memungkinkan) tentang kata kunci dan frasa kunci yang ingin Anda gunakan untuk salinan. Penting bagi Anda untuk melakukan brainstorming bersama sehingga Anda akan dapat tetap setia pada merek dan memiliki pilihan yang efektif untuk digunakan dalam upaya pengoptimalan mesin telusur.

Anda dapat menggunakan berbagai alat kata kunci yang ditemukan di web seperti Ahref, Semrush, Google Keyword Planner, WordTracker, Overture, dll. (Mengenai kegunaan dan keefektifan akan dibahas secara terpisah). Tools ini dapat digunakan langsung melalui internet jika Anda memilih untuk menggunakannya.

Dalam memilih frasa kunci atau kata kunci, ingatlah untuk memulai dan menggunakan istilah yang populer tetapi “tidak terlalu kompetitif” karena akan sangat sulit untuk bersaing dengan situs web yang lebih mapan jika Anda baru saja memulai. Alat yang disebutkan di atas akan membantu Anda menentukan kata atau frasa kunci yang dapat Anda gunakan.

Kata kunci satu kata sangat sulit jika tidak mustahil untuk bersaing karena akan memiliki cakupan yang lebih umum dibandingkan dengan Frase unik. Misalnya, jika Anda mencoba menulis konten untuk perusahaan yang menjual mainan pendidikan, memilih kata kunci seperti “mainan” akan menjadi ide yang bodoh karena mesin telusur akan memberikan sekitar seratus juta klik untuk kata kunci tersebut, sambil mengubahnya menjadi frasa unik seperti “Mainan untuk siswa” atau “mainan pendidikan” hanya akan mendapatkan hits sekitar lima juta.

Ini berarti bahwa peluang penelusur web benar-benar membuka situs web Anda adalah 100.000.000: 1 dengan kata kunci “mainan” saat memilih frasa kunci “mainan pendidikan” berarti peluang 5.000.000: 1, sangat meningkatkan peluang Anda untuk dikunjungi. Selain itu, orang yang mencari di mesin penelusuran cenderung mempersempit penelusuran mereka karena menggunakan atau mengetik hanya satu penelusuran kata berarti dibombardir dengan banyak informasi yang tidak diinginkan daripada yang mereka butuhkan, menghabiskan lebih banyak waktu dan tenaga.

Kata kunci Anda harus secara khusus menargetkan 

  • (1) produk atau layanan yang Anda tawarkan dan
  • (2) apa yang sebenarnya diketik orang setiap kali mereka menggunakan mesin pencari untuk mencari produk dan layanan seperti milik Anda.

Contoh ketika menulis sebuah konten untuk perusahaan yang menjual “kiln multi fungsi“, kiln merupakan oven yang berukuran besar. Anda tidak boleh mengoptimalkan kata kunci “kiln multi fungsi”. Tidak ada gunanya mengoptimalkan kata kiln yang merupakan isitilah dari kata oven. Maka untuk hasil yang lebih optimal lebih baik Anda menggunakan kata oven “oven multi fungsi”, karena orang-orang secara umum juga lebih mengenal istilah oven dari pada kiln.

Anda juga harus mengidentifikasi dan menemukan berbagai kata dan istilah yang terkait erat dengan kata kunci atau frasa kunci Anda. Beberapa istilah kunci dan frasa kunci saling terkait erat satu sama lain sehingga satu kelompok mengaitkannya dengan bidang tertentu sementara yang lain memilih untuk mengasosiasikannya dengan bidang lain. Salah satu contoh yang bagus adalah Bedah Kosmetik.

Bedah Kosmetik merupakan suatu prosedur medis, sehingga dapat dikatakan berhubungan dengan kedokteran dan pembedahan, padahal benar juga dikatakan berkaitan dengan kosmetika dan kecantikan. Karena bidang kedokteran, bedah, kosmetik, dan kecantikan adalah bidang yang populer, mengoptimalkan aspek kosmetik dan bedah dari Frase Utama Bedah Kosmetik akan menghasilkan lebih banyak klik kata kunci untuk penelusuran dari individu dari kedua bagian spektrum.

Baca juga : 8 Tips Sukses Menjadi Freelance Writer

Hal lain yang perlu dipertimbangkan adalah mengintegrasikan terminologi lokal atau padanan dari produk atau layanan Anda saat mengoptimalkan dengan kata kunci atau frase. “Lift” di AS akan menjadi “lift” di Inggris Raya, “truk” di AS akan menjadi “truk” di Inggris Raya, dan daftarnya terus berlanjut.

Saat mencoba menjual produk atau layanan untuk masyarakat yang sangat berbeda secara demografis, Anda harus mengoptimalkan kedua grup karena masing-masing cenderung mencari istilah lokal yang lebih dikenal. Lebih baik lagi, Anda dapat membuat situs yang berbeda untuk kelompok demografis yang berbeda, menggantikan kata kunci dan frase tertentu; memungkinkan Anda untuk melayani keduanya.

Selain itu,bijaklah  untuk mempertimbangkan penempatan informasi regional atau kata kunci atau frase regional. Mengintegrasikan informasi regional bersama dengan kata kunci dan frasa kunci memungkinkan pengguna yang lebih memilih pencarian yang lebih spesifik untuk mengunjungi situs Anda. Anda juga akan mendapatkan keuntungan dari persaingan terbatas karena pencarian yang lebih spesifik.

Kebanyakan orang yang mencari produk dan layanan di internet pasti lebih suka menemukan apa yang mereka butuhkan secara lokal, jadi menambahkan informasi regional lokal pasti akan sangat membantu Anda dan klien potensial Anda. Manfaat lainnya adalah Anda dapat menambahkan kata kunci lain, yang merupakan informasi regional ke kata kunci atau frase kunci yang ada.

Contoh ketika orang mencari “Jasa Service AC”, tambahkan “Jakarta ” menjadi “Jasa Service AC Jakarta”. Ini akan memberi Anda keunggulan atas pesaing karena akan sangat menurunkan persaingan Anda. Secara lokasi Anda akan mendapatkan posisi yang lebih baik ketika menambahkan kata kunci lokasi, terutama jika Anda ingin mengoptimalkan SEO pada lokasi tersebut.

Tentang konten yang akan di tulis

Sekarang setelah Anda memiliki kata dan frasa kunci, Anda akan memerlukan waktu untuk merencanakan tentang dorongan umum konten, tentang seperti apa konten itu seharusnya.

Panduan untuk Pemula Menulis Konten SEO

Umumnya, ide utama menulis konten adalah agar dapat memberikan informasi yang berguna bagi pengunjung di situs Anda. Anda terutama menulis untuk pembaca, pengunjung manusia situs Anda, dan tentang produk dan layanan yang Anda tawarkan.

Ide kedua adalah memberikan informasi mesin pencari sehingga mereka dapat mengindeks situs Anda dengan benar dan akurat sesuai dengan kategori yang tepat, sehingga siapa pun yang ingin mencari sesuatu secara khusus, melalui penggunaan mesin pencari, pada akhirnya akan menemukan apa yang dia butuhkan. . Dengan kata lain, konten Anda harus berorientasi pada pelanggan dan ramah mesin pencari.

Untuk melakukan itu, Anda perlu merencanakan dengan benar bagaimana melakukan copywriting Anda. Keseluruhan teks harus dapat memberi mereka apa yang mereka butuhkan dan ingin mereka ketahui tentang produk dan layanan yang Anda miliki.

Karenanya, sangat disarankan agar Anda membaca banyak informasi tentang produk atau layanan subjek sebelum Anda menulis salinan yang sebenarnya. Tujuannya adalah untuk menjadi sangat berpengetahuan tentang produk, sehingga Anda dapat menjelajahi semua kemungkinan dan bermain dengan kekuatan dan kelemahannya dan menulis semua yang dibutuhkan.

Satu hal penting yang perlu diingat adalah menulis konten yang unik. Menyalin konten atau plagiarisme  merupakan pelanggaran serius yang dapat menyebabkan hukuman yang menyakitkan menurut undang-undang Hak Cipta yang ada. Saat ini sudah banyak kasus  Hak Kekayaan Intelektual yang dilaporkan atas konten plagiarisme. Mesin penelusuran google akan menghukum situs yang secara ilegal memperoleh konten dari sumber lain. Hukuman termasuk memasukkan situs ke dalam daftar hitam atau akan dilakukan de index terhadap web tesebut untuk crawler.

Tuntutan hukum dan kasus tentang Copywriting web sekarang meningkat dari hari ke hari, dengan lebih banyak negara yang memberlakukan undang-undang tentang Hak atas Kekayaan Intelektual. Risikonya terlalu besar jika Anda menjiplak dan menyalin konten. Jadi, pastikan Anda mengutip atau menempatkan catatan akhir atau sumber referensi saat Anda memilih untuk menggunakan bagian dari konten lain.

Dan terakhir, konten Anda harus ditulis dalam bahasa yang jelas, sederhana, dan mudah dipahami. Kata-kata dan istilah yang teknis harus disediakan link rujukan untuk mencari informasi kata-kata tersebut atau menjelaskan Anda dapat menjelaskan secara garis besar.

Tentang mood ingin menulis

Anda mungkin bertanya-tanya apa bagian penting tentang suasana hati yang dilakukan dalam artikel copywriting seo, nah, itu pasti BANYAK yang harus dilakukan tentang Copywriting. Mood pembaca pasti akan mempengaruhi cara dia memandang produk atau layanan tertentu. Jika Anda tidak benar-benar menjaga sisi emosional pelanggan Anda dengan tulisan Anda mungkin ini akan menjadi dampak buru, konten yang Anda buat bisa jadi tidak dilanjutkan untuk dibaca.

Suasana hati individu dipengaruhi oleh banyak faktor; Meskipun utamanya internal, faktor eksternal juga dapat mempengaruhi suasana hatinya secara signifikan dan untungnya apa yang dibaca individu adalah salah satunya.

Pertama-tama, Anda harus ‘berminat’ untuk menulis. Konten yang bagus kebanyakan ditulis oleh penulis yang terinspirasi atau tercerahkan dengan apa yang akan mereka tulis. Seorang copywriting harus memastikan bahwa mereka berada dalam suasana hati yang baik, karena konsekuensi jika memiliki suasana hati yang buruk kemungkinan konten yang dibuat akan sangat buruk. Seorang pembaca juga cenderung ‘ditarik’ oleh salinan tegas yang ditulis dengan luar biasa yang pada akhirnya akan membuat pembaca mendapatkan apa yang Anda tawarkan.

Satu hal yang dapat Anda lakukan untuk mencapainya adalah dengan memanfaatkan daya tarik emosional kepada pembaca. Cobalah untuk lebih sering mengintegrasikan artikel pribadi seperti “Anda”, “kami”. Cobalah untuk melibatkan pengunjung Anda sebanyak mungkin. Hindari bersikap terlalu pasif karena akan mencegah Anda membangun koneksi atau hubungan dengan pembaca target Anda.

Jaga agar pembaca atau pelanggan Anda tetap terlibat dengan situs Anda. Buat mereka berpikir dan berinteraksi dengan mengajukan pertanyaan, memberikan teka-teki atau hal-hal sepele. Semua ini menciptakan suasana ramah bagi calon pelanggan, dan setelah Anda membuat mereka nyaman membaca, kemungkinan besar mereka akan merespons Anda secara positif. Sebisa mungkin buat mereka melakukan semua transaksi mereka di situs Anda, berikan semua detail tentang apa yang Anda tawarkan sehingga dapat mengetahui semua yang perlu mereka ketahui.

Akhir Kata ~

Itu lah Panduan untuk Pemula Menulis Konten SEO yang dapat kamu pelajari untuk menjadi seorang penulis atau copywriting yang handal. Jika kamu ingin memulai nya kamu dapat mencoba dibeberapa platform seperti Medium disitu kamu dapat menulis dengan bebas, atau kamu dapat menjadi penulis di blog jika mau berminat, kamu akan dikasih arahan dalam tatacara penulisan yang benar.

Share on:

Hi,saya Admin digiKoran senang rasanya dapat berbagi hal melalui tulisan di blog ini. Terimakasih sudah berkunjung. Salam kenal :)【❤】

Tinggalkan komentar