Mengenal Suku Bunga Bank dan Jenisnya

- Oleh :

Mengenal Suku Bunga Bank dan Jenisnya – Suku bunga bank tidak lepas dari perkembangan ekonomi di Indonesia. Indonesia dalam mengendalikan laju perekonomian dewasa ini masih mengacu pada suku bunga. Apakah sebenarnya suku bunga itu?

Presentase dari pokok pinjaman atau pokok hutang yang dibayarkan sebagai timbal balik atau bunga dalam jangka waktu tertentu inilah yang disebut suku bunga bank.

Atau dengan kata lain presentase uang yang dipinjam atau pokok utang  dan harus dibayarkan oleh nasabah sebagai balas jasa kepada jenis lembaga keuangan bank  dan bukan bank

Baca Juga : Tips Memilih Service AC Panggilan yang Berkualitas

Jenis Suku Bunga Bank

Suku bunga dalam perkembangannya memiliki beberapa jenis,  yaitu yang disebut Flat  Rate atau bunga merata, Sliding Rate atau bunga menurun, Annuity Rate atau bunga anuitas

Floating rate atau bunga mengambang. Flate rate terjadi jumlah bunga yang dibebankan setiap bulan Jumlah ini tetap dan dihitung dari jumlah pokok awal pinjamannya.

Bunga sederhana ( Bunga majemuk)

Bunga majemuk ini biasa diterapkan pada suatu tabungan  saat pinjam uang dibank.  Bunga sederhana diterapkan pada pinjaman. Besarnya  bunga dihitung darin nilai pokok awal dikali tingkat bunga dikali waktu.

Penggunaan bunga biasa akan menguntungkan penerims bunga dan memberikan pembayaran bunga. Sebaliknya penggunaan metode bunga tepat akan menguntungkan penerima bunga dan memberikan penerima bunga .Dalam peminjaman lebih baik menggunakan bunga tepat .

Baca Juga : Cara Memulai Bisnis Franchise

Suku bunga tetap dan mengambang

Suku bunga pinjaman tidak berubah sepanjang masa kredit. Sementara suku bunga mengambang adalah suku bunga yang berubah-ubah selama kredit.

Hal ini terus berlangsung dengan mengikuti suatu kurs  referensi tertentu di Libor atau BI Rate. Cara perhitungannya dengan menggunakan sistem penambahan marjin terhadap kurs referensi.

Kombinasi suku bunga tetap dan mengambang sering digunakan saat kredit pemilikan rumah. Dari transaksi kredit pemilikan rumah disepakati hingga tahun ketiga bunganya tetap 8,5% dan tahun berikutnya ditetapkan 2% di atas BI Rate.

Suku bunga dasar kredit rupiah

Suku bunga dasar kredit rupiah atau SBDK digunakan sebagai dasar penetapan suku bunga. Suku bunga dasar ini ditetapkan pada nasaba. Jumlah bunga kredit dalam hal ini belum tentu sama dengan SBDK .

Siapa yang menentukan suku bunga

Suku bunga salah satu instrumen kebijakan moneter untuk mengendalikan jumlah uang beredar dalam sebuah perekonomian. Dari sinilah suku bunga harus ditentukan oleh bank sentral.

Suku bunga di beberapa bank di Indonesia

Suku bunga bank Mandiri salah satu suku bunga dari deretan nama bank yang ada di Indonesia. Suku bunga bank Mandiri mulai dari  0,55 % per bulan. Sementara minimal deposito di bank Mandiri Rp
10.000.000 melalui e Banking.

Selain itu nasabah bisa pinjam uang Rp 1 .000.000 dengan bunga deposito kisaran 4-5%  setahun. Maybank salah satu layanan perbankan yang melayani suku bunga atau pinjaman dengan beberapa keunggulan.

Baca Juga : Cara Menjadi Dropshipper di Shopee

Maybank menawarkan suku bunga deposito atau suku bunga tabungan yang menarik. Dari suku bunga yang ditawarkan Maybank bisa memiliki pinjaman multiguna KPR hingga kredit pemilikan kendaraan .

Suku bunga bank di Indonesia mengalami naik turun setiap tahunnya. Hal ini membuat dilema tersendiri bagi masyarakat. Di sisi lain beban bunga naik, tetapi pendapatan juga menurun tentu hal ini menjadi beban bagi masyarakat

Kini suku bunga turun lagi 19 basis turun poin. Semula 10,14 % menjadi 19 basis poin. Turunnya suku bunga pinjaman diharapkan inflansi  dan stabilitas eksternal  terkendali.

Share on:

Hi,saya salah satu penulis digiKoran senang rasanya dapat berbagi hal melalui tulisan di blog ini. -Blogger dari Magelang

Tinggalkan komentar