Gaji Pas-pasan Bingung Mau Nabung? Begini Tipsnya

- Oleh :

Saat telah memiliki penghasilan sendiri, tentu berbagai hal mulai ingin Anda wujudkan. Selain itu, menyisihkan gaji untuk kehidupan masa depan juga amat perlu, apalagi jika ada kebutuhan mendadak. Untuk itu, menabung adalah solusi yang tepat.

Namun sayangnya, ketika besarnya penghasilan yang didapatkan pas-pasan, Anda mungkin akan kesulitan menyisihkan uang. Banyaknya pengeluaran tidak jarang membuat gaji yang kecil tersebut akan segera habis sebelum akhir bulan.

Di artikel “Gaji Pas-pasan Bingung Mau Nabung? Begini Tipsnya” akan diberikan beberapa tips untuk kamu yang ingin menabung.

Karena itu, manajemen keuangan yang tepat dan memprioritaskan kebutuhan adalah hal yang wajib dilakukan. Dengan begitu, Anda dapat menghemat pengeluaran bulanan dan bisa menyisihkan uang untuk ditabung.

Tips Menabung untuk Gaji Kecil

Membicarakan soal menabung berarti membahas tentang suatu kebiasaan. Ketika Anda ingin menyisihkan penghasilan, bukan masalah besarnya saja yang diperhatikan, tetapi harus menjadi kebiasaan setiap bulan yang harus dilakukan.

Sayangnya, jika penghasilan yang didapatkan kecil, kebiasaan menabung ini juga terasa sulit dilakukan. Jika itu terjadi pada Anda, yuk ikuti tips mudah menabung untuk karyawan dengan gaji pas-pasan berikut ini.

1.    Catat Arus Keuangan

Mencatat pemasukan dan pengeluaran setiap bulannya akan membantu Anda memantau arus keuangan. Jika saat ini belum memulai mencatatnya, maka mulailah sekarang juga.

Lihat sisa uang yang telah disimpan saat ini dan mulailah mencatat pengeluaran-pengeluaran apa saja yang telah dilakukan. Melalui catatan yang dibuat ini, Anda akan tahu barang-barang atau kegiatan apa yang menghabiskan uang gajian.

Sebaiknya, lakukan pencatatan selama 3 bulan berturut-turut untuk mengetahui bagaimana karakteristik konsumsi Anda.

Pada saat melakukan evaluasi dari catatan tersebut, Anda dapat mengelompokkan kebutuhan berdasarkan pengeluaran, misalnya kebutuhan pokok bulanan, pengeluaran untuk gaya hidup, atau apa pun yang membuat Anda harus mengeluarkan uang.

2.    Mengatur Prioritas

Setelah Anda mengetahui bagaimana gaya konsumsi dan kelompok-kelompok pengeluaran, langkah selanjutnya adalah mengatur prioritas kebutuhan. Ketika tahu mana kebutuhan yang penting, kurang penting hingga tidak penting, maka Anda dapat memilih untuk memprioritaskannya.

Kebutuhan-kebutuhan penting dan harus terpenuhi misalnya saja makan, bayar listrik, bayar air, maka menjadi prioritas utama. Kebutuhan yang masuk prioritas utama harus disiapkan terlebih dahulu dananya. Untuk pengeluaran bulanan ini, usahakan besarnya 50-60% dari total gaji. Sebisa mungkin tidak melebihinya.

Selanjutnya, untuk kebutuhan prioritas menengah, paling bawah dan dapat ditunda, tundalah terlebih dahulu dan sisihkan uang jika nantinya memang perlu untuk dibeli.

3.    Membuat Target

Cara untuk meraih suatu cita-cita adalah membuat target. Begitu pula jika ingin memiliki tabungan, Anda harus menetapkan target terlebih dahulu. Misalnya saja, pada bulan ini, Anda ingin menghemat sebesar Rp100 ribu, maka usahakan gaji di bulan ini tersisa sebesar itu.

Lakukanlah cara ini hingga beberapa bulan sampai Anda terbiasa. Jika sudah terbiasa dengan nominal awal, Anda dapat menaikkan targetnya. Misalnya di bulan depan, Anda ingin menargetkan Rp150 ribu. Mulailah untuk menambahkan uang yang Anda sisihkan sebanyak Rp50 ribu.

Hal ini juga dapat dilakukan pada bulan-bulan berikutnya hingga Anda merasa terbiasa. Kebiasaan-kebiasaan kecil seperti ini akan membuat lebih nyaman dibandingkan harus menyisihkan banyak uang sekaligus dan membuat kesusahan.

Untuk mengetahui tentang tips pengaturan keuangan selain tentang tips menabung untuk karyawan bergaji pas-pasan ini, Anda dapat membaca berbagai artikel menarik di anakdagang.

4.    Memiliki Dua Rekening Tabungan

Cara berikutnya agar dapat menabung saat gaji masih pas-pasan adalah dengan memiliki dua rekening tabungan. Tujuannya adalah memisahkan uang untuk keperluan bulanan dan simpanan.

Sebaiknya, pilihlah tabungan dengan biaya administrasi yang kecil dan tidak menggunakan ATM. Cara ini penting untuk mempersulit Anda mengambil tabungan karena repot, harus menggunakan buku tabungan dan mendatangi banknya terlebih dahulu.

Sebelum memisahkan rekening, Anda harus mengetahui terlebih dahulu seberapa banyak kebutuhan bulanan. Usahakan uang yang telah disiapkan untuk pengeluaran sebulan ini cukup, bagaimanapun keadaannya.

Mungkin pada awalnya, cara-cara di atas terasa sedikit memaksa dan agak sulit dilakukan. Namun, pada akhirnya, akan Anda akan berhasil memiliki tabungan meskipun dengan gaji pas-pasan.

Akhir Kata~

Nah itu lah beberapa hal penting yang harus Anda ketahui ketika ingin menabung walau gaji pas-pasan. Karena hal ini penting untuk menjaga dikemudian hari agar masa tua kita tenang dan tidak memiliki beban. Akhir kata demikianlah artikel “Gaji Pas-pasan Bingung Mau Nabung? Begini Tipsnya” semoga bermanfaat.

Gambar : pexels.com/id-id/@karolina-grabowska

Penulis Artikel : Fajri

Share on:

Hi,saya Admin digiKoran senang rasanya dapat berbagi hal melalui tulisan di blog ini. Terimakasih sudah berkunjung. Salam kenal :)【❤】

Tinggalkan komentar