Cara Setting Plugin Autoptimize [Update 2020]

Cara Setting Plugin Autoptimize – Autoptimize adalah plugin yang digunakan untuk mempercepat loading blog. Plugin Autoptimize sangat berguna mempercepat loading blog Anda jika melakukan Setting Plugin Autoptimize dengan benar, dengan cara melakukan optimasi pada CSS, Javascript , dan HTML pada blog Anda.

Mungkin dari Anda banyak yang bingung mau menggunakan plugin apa untuk mempercepat blog Anda. Saya sendiri sudah mencoba beberapa plugin seperti WP Rocket , Lite Speed dan masih banyak lagi. Namun ketika mencoba dan beberapa plugin tersebut menurut saya sedikit kurang jika dengan versi free. Saya tidak tahu bagaimana jika kita menggunakan versi yang berbayar apakah lebih baik atau tidak. Tetapi untuk plugin mempercepat blog  saya pilih Plugin Auotoptimize dan tentu dengan Setting Plugin Autoptimize yang benar.

Saya sendiri menggunakan plugin ini, jika Anda sudah membaca artikel tutorial Tips Cara Mempercepat Loading Blog [Update 2020] mungkin Anda sudah tau bahwa saya merekomendasikan plugin ini. Plugin Autoptimize ini ada dua versi yaitu yang free dan berbayar. Disini saya menggunakan versi free karena sudah cukup power full.

Untuk dapat mengoptimalkan kecepatan blog anda ikutin Tips Cara Setting Plugin Autoptimize [Update 2020] di bawah ini :

Cara Setting Plugin Autoptimize

Untuk melakukan Setting Plugin Autoptimize ada beberapa tahap ikutin langkah-langkah di bawah ini :

1.Install Plugin Autoptimize

  1. Anda login ke wordpress, lalu masuk ke bagian menu plugin
  2. Lalu tambahkan plugin baru
  3. Lalu cari Plugin Autoptimize di bagian search bar atau donwload plugin Autoptimze
  4. Install dan Aktifkan Plugin

Baca juga : Cara Setting Plugin Rank Math SEO [1]

2.Setting JS,CSS, dan HTML

1.Setting JavaScript

Untuk melakukan setting JavaScript anda bisa mengikuti sesusai dengan gambar di bawah ini :

Cara Setting Plugin Autoptimize

Berikan centang untuk mengaktifkan Setting Plugin Autoptimize. Aktifkan plugin pada bagian Optimasi Kode JavaScript , Gabungkan Berkar JS. Kemudian pada bagian Kecualikan script dari Autoptimize ini berfungsi untuk pengecualian bagian-bagian yang tidak akan di optimasikan karena bisa memberikan dampak yang kurang baik.

Namun disitu ada satu folder yang saya hapus yaitu js/querry/jquery.js karena ini cukup berat dan perlu untuk di lakukan optimasi. Untuk pengaturan JavaScript secara keseluruhan seperti pada gambar.

2.Setting Optimasi CSS

Pada bagian ini Plugin Autoptimize akan melakukan optimasi pada css , jika anda melihat source code pada blog anda terlihat sangat rapih namun ini sedikit memberatkan blog Anda. Saat melakukan sudah melakukan Optimasi CSS Anda dapat melihat source code pada blog Anda sudah minimalis.

Untuk melakukan Setting Optimasi CSS Anda dapat mengikuti gambar di bawah ini :

Aktifkan plugin pada Optimasi Code CSS , Gabungkan Berkas CSS , Juga gabungkan inline CSS  dna Inilnie semua CSS. Lalu pada bagian Kecualikan CSS dari Autoptimize saya mengahapus bagian dashicons.min.css sama hal nya dengan langkah sebelum nya. dashicons.min.css cukup memberkatkan loading blog anda, maka dari itu perlu di optimasikan.

Baca juga : Plugin Sitemap WordPress Terbaik 2020

3.Setting Opsi HTML

Pada bagian ini kita hanya perlu melakukan optimasi pada HTML nya. Untuk setingan nya Anda bisa melihat gambar di bawah :

Cara Setting Plugin Autoptimize

4.Opsi CDN

Pada bagian ini saya tidak menggunakan nya karena untuk CDN saya langsung menggunakan plugin CLoudFlare dan CDN menggunakan plugin WP Fastst Cache. Jadi bagian ini biarkan default.

5.Info Chache

Bagian ini hanya memberikan informasi dimana letak folder cache di buat.

6.Opsi Lain-lain

Bagian ini biarkan default Setting Plugin Autoptimize.

3.Setting Image

Untuk bagian ini Anda akan melakukan optimasi pada gambar yaitu dengan mengaktifkan lazyload image. Untuk melakukan setitin Image Anda dapat melihat gambar di bawah ini :

Cara Setting Plugin Autoptimize-5

4.Setting Critical CSS

Bagian ini biarkan default Setting Plugin Autoptimize.

5.Setting Extra

Pada bagian ini Anda akan melakukan optimasi seperti Google Font, Emoji dll. Untuk setingan Extra Anda dapat mengikuti gambar di bawah ini :

Cara Setting Plugin Autoptimize

Bagian ini saya menghapus Google Font dan Emoji. Namun jika Anda ingin menggunkan Google Font Anda dapat memilih opsi Gabungkan dan tautkan di head.

Baca juga : 8 Tutorial SEO Terbaik Untuk Pemula 2020

Penutup

Dengan melakukan Cara Setting Plugin Autoptimize  ini efektif untuk meningkatkan kecepatan blog Anda. Kecepatan blog merupakan salah satu bagian dari SEO.

demikian lah tutoral Cara Setting Plugin Autoptimize [Update 2020] semoga bermamfaat. Jika tutorial ini bermamfaat jangan lupa untuk share.

Share on:

4 pemikiran pada “Cara Setting Plugin Autoptimize [Update 2020]”

    • Blm pernah coba di thema lain mas, tapi baca2 di google tidak ada yang mengalami bentrok saat memakai plugin ini. Di coba aja mas, kalau ada bentrok di uninstall lg plugin nya.

      Balas

Tinggalkan komentar