Cara Menjadi Dropshipper di Shopee

- Oleh :

Cara Menjadi Dropshipper di Shopee – Saat untuk mencari cuan dapat dilakukan dari mana saja. Salah satu nya dengan menjadi dropshipper. Pada artikel ini digikoran akan memberikan tips dan cara menjadi dropshipper di shopee.

Cara dropship di shopee memang membutuhkan sedikit pengetahuan tentang beberapa hal penting. Meski demikian, bisnis dropship di shopee saat ini begitu menggiurkan. Karena dari hasil penjualan Anda bisa mendapatkan keuntungan yang cukup lumayan banyak.

Bagaimana tidak, hal ini dibuktikan dengan saking banyaknya dropshipper yang menggunakan fitur dropship di shopee.

Sebenarnya ada beberapa aplikasi penyedia dropship seperti shopee, tokopedia, bukalapak, dan berbagai market place lainnya yang bisa Anda pilih jika ingin menjadi dropshipper.

Tapi disesi ini digikoran akan membahas cara menjadi dropshipper terkhusus di shoppe. Sebenarnya secara garis besar mau menjadi dropshipper di platform lain sama saja, cuman memiliki sedikit perbedaan.

Baca Juga : 5 Alasan Mengapa Anda Harus Menggunakan Blog Sebagai Bisnis Internet

Apa itu Dropshipper ?

Menjadi dropshipper di Shopee merupakan pekerjaan yang mudah dan menjanjikan. Kamu pasti bisa melakukannya tanpa harus bingung harus memulai darimana. Di Shopee menjual barang apa saja bisa. Jadi kamu tak perlu menyetok barang. Cukup pilih barang penyedia dropship kemudian pasarkan barang itu secara online.

Jika ada yang berminat membelinya, kamu tinggal pesan dari penyedia dropship. Dan penyedia dropship akan langsung mengirimkan barangnya ke pembeli.

Artinya kamu tidak perlu memiliki stok terlebih dahulu. Cukup menjadi agen atau makelar. Untuk kamu yang ingin memulai bisnis online, sistem ini sangat cocok untuk dilakukan.

Kenapa Dropshipper di Shopee ?

Saat ini e-commerce shopee sedang naik daun dengan memberikan banyak promo dengan bintang iklan artis ternama dan shopee selalu memberikan promosi bebas ongkir.

Yang pastinya ada banyak supplier dari berbagai daerah dengan berbagai produk yang dijual di sana. Jadi pilihan produk untuk kalian jual juga akan banyak.

Namun, pastinya shopee juga memiliki kekurangan dan kelebihan sebagai salah satu e-commerce ternama di Indonesia.

Yang mana kelebihan dan kekurangan shopee ini mungkin juga harus Anda ketahui sebelum benar-benar menggunakannya.

Baca Juga : Panduan untuk Pemula Menulis Konten SEO

Cara Memesan Barang Untuk Dropship di Shoppe

Untuk memesan barang yang ingin kamu jual, ada beberapa langkah yang harus pahami agar tidak salah, nah dibawah ini langkah-langkahnya jika kalian ingin menjadi dropshipper menggunakan shopee :

  • Buat akun di shopee

Pertama adalah membuat akun di shopee. Untuk membuat akun di shopee cukup mudah Anda hanya memerlukan e-mail dan no HP dan mengisi form sesuai dengan data Anda. Ini penting karena jika kalian belum membuat akun, Anda tidak akan bisa membeli sesuatu sampai Anda membuatnya.

  • Cari barang dan beli

Cari barang atau vendor yang ingin kalian jual barangnya (misalnya baju).

Pilih varian (jika ada) kemudian klik beli sekarang, atau bisa juga disimpan dulu di keranjang jika ada barang lain yang ingin kalian beli.

Usahakan hanya 1 vendor saja yang kalian jual barangnya. Karena ini efeknya akan berimbas pada ongkos kirim yang akan ditanggung pembeli.

Misalnya bila pembeli membeli 2 barangmu namun ternyata dari vendor yang berbeda. Maka ongkos kirim yang akan ditanggung menjadi doubel karena dikirim dari tempat yang berbeda.

Jatuhnya jadi mahal banget. Kecuali semua vendor yang kalian jual produknya gratis ongkir.

Baca Juga : 4 Cara Menggunakan TikTok Untuk Bisnis

  • Checkout

Kemudian kalian akan dipandu ke halaman belanja. Centang semua yang akan kalian proses lalu klik checkout.

  • Isi alamat pembeli

Setelah itu isi alamat pelanggan kalian dengan lengkap pada form, ini harus benar supaya tidak nyasar ketika dikirim.

Kemudian klik oke ketika semuanya sudah lengkap.

  • Kirim sebagai dropship

Centang tulisan ‘kirim sebagai dropshipper‘ kemudian isi namamu dan nomor teleponmu.

Setelah itu scroll ke bawah, pilih metode pembayaran, dan lakukan pembelian seperti biasa.

Jadi sistemnya, yang pertama pasarkan dulu produk dari vendor pilihanmu. Terserah mau di pasarkan kemana.

Seperti yang saya katakan tadi, Anda bisa memasarkannya di media sosial atau bisa juga di shopee lagi.

Lalu bagaimana jika ingin menjualnya di shopee lagi? Apa syarat-syarat yang perlu diperhatikan? Berikut penjelasannya.

Baca Juga : 8 Tips Cara Untuk Mengembangkan Bisnis Anda

#Cara Menjadi Dropshipper di Shopee #Cara Menjadi Dropshipper di Shopee #Cara Menjadi Dropshipper di Shopee

Cara Dropship Dari Shopee ke Shopee

Lalu bagaimana cara dropship dari shopee ke shopee?

Hal ini lebih tidak sulit lagi. Sebelumnya pastikan dulu kamu sudah memiliki:

  • Akun Shopee

Pertama adalah membuat akun di shopee. Untuk membuat akun di shopee cukup mudah Anda hanya memerlukan e-mail dan no HP dan mengisi form sesuai dengan data Anda. Ini penting karena jika kalian belum membuat akun, Anda tidak akan bisa membeli sesuatu sampai Anda membuatnya.

  • Aktifkan Fitur Gratis Ongkir

Fitur ini bisa dibilang sangat baik bagi kamu yang ingin fokus melakukan dagang sistem dropship ini. Konsumen akan mudah tergiur dan tertarik bila sistem ini diberlakukan. Selain itu, pembayaran produk bisa lebih hemat karena tidak perlu merasa terbebani akan ongkir yang terkadang tidak murah. Untuk mengaktifkan fitur ini, pastikan kamu mengirimkan foto kamu beserta KTP secara jelas ya.• Data Bank

Masukkan data rekening dengan lengkap agar proses pencarian dana berhasil dengan baik. Tentunya hal ini juga bisa memudahkan proses penjualan kamu di Shopee nantinya.

  • Isi Alamat Sesuai Alamat Supplier

Ketika kamu ingin berjualan dengan sistem dropship, maka kamu juga harus mengisikan alamat dengan

alamat supplier produk yang kamu akan jual. Proses ini wajib hukumnya untuk menghindari masalah yang mungkin saja terjadi bila kamu mencoba untuk menuliskan alamat sesuai alamat kamu.

Loh  kenapa?

Hal ini berkaitan langsung dengan ongkos kirim. Jadi, jangan lupa untuk memasukkan alamat supplier sebagai alamat kamu ya.

  • Unggah Foto

ini adalah step terakhir yang sangat teramat penting. Kamu harus mengunggah foto jelas beserta deskripsi produk yang kamu akan jual. Foto dan deskripsi ini sebenarnya bisa kamu dapatkan dari supplier produk secara langsung.

Selanjutnya ada  informasi tambahan nih jika kamu ingin dropship dari shopee ke shopee,

  • Masalah resi otomatis

Dalam fitur gratis ongkir shopee, kamu akan menemukan yang namanya resi otomatis. Hal ini berfungsi untuk memudahkan pelapak. Tapi akan sedikit memusingkan untuk dropshipper.

Sehingga satu – satunya cara yang dapat kamu lakukan yakni kamu bekerjasama dengan pelapak di shopee. Hubungi supplier pilihan kamu selanjutnya katakan ke supplier kamu:

“Maaf min, saya ingin taruh produk di shopee dengan fitur gratis ongkir. Nanti kalua ada orderan ke saya, saya akan kasih nomor resi saya ke kakak ya, terimakasih”.

  • Resi tidak bisa diinput dua kali

Sistem pada marketplace saat ini memang tidak bisa untuk menginput resi dua kali di situs yang sama.

Jadi jika kamu mau dropship dari tempat lain seperti tokopedia, bukalapak, dan lain sebagainya bisa saja kalian langsung order dengan fitur dropshipper dan menginput langsung resi yang diberikan oleh pelapak di marketplace lain.

Nah, jalan keluar dari masalah ini sama seperti poin pertama tadi ya, yaitu dengan menghubungi supplier untuk bekerjasama.

Jika sudah mengerti tentang apa itu dropshipper di shopee, apakah kamu ingin mengetahui trik agar bisnis kamu makin menguntungkan?

Ketika kamu sudah memahami apa itu dropshipper di shopee dan cara kerjanya, ini saatnya kamu juga perlu mengetahui tentang kiat – kiat agar apa yang sudah kamu usahakan akan menguntungkan dengan cepat.

Berikut berbagai trik jitu yang dapat kamu perhatikan dan terapkan setelah memahami apa itu dropshipper di shopee:

1. Cari suplier dengan satu tema produk

2. Lakukan survei pasar, kamu bisa mencari tahu apa yang sedang tren, kira – kira siapa target pasar kamu, dan lain sebagainya.

3. Jual produk – produk original atau asli, jangan yang KW. Agar konsumen kamu memiliki trust kepada kamu.

4. Pilih vendor yang terpercaya, sehingga tidak ada salahnya kamu memastikan dan melakukan pengecekan berulang – ulang.

5. Manfaatkan fitur promosi, seperti gratis ongkir yang sudah kita bahas di atas.

6. Jual produk best seller atau banyak diminati

7. Promosikan toko online kamu di media sosial kamu, agar teman – teman kamu mengetahui jika kamu punya toko di shopee.

#Cara Menjadi Dropshipper di Shopee #Cara Menjadi Dropshipper di Shopee #Cara Menjadi Dropshipper di Shopee

Referensi : 

  • https://dindingkaca.com/
  • https://ruangbisnis.co.id/
Share on:

Hi,saya Admin digiKoran senang rasanya dapat berbagi hal melalui tulisan di blog ini. Terimakasih sudah berkunjung. Salam kenal :)【❤】

Tinggalkan komentar