19 Cara Mengatasi Windows 10 Lemot

- Oleh :

Cara Mengatasi Windows 10 Lemot – Banyak dari kita sering mengalami kendala windwos 10 lemot saat menggunakannya, seiring berkembang nya waktu, PC Anda akan mengalami penurunan performa maka dari itu Anda perlu melakukan maintenance untuk meningkatkan performa PC Anda.

Untuk meningkatkan performa PC Anda salah satu nya dengna cara mengatasi windows 10 lemot, hal ini terjadi karena ada nya update yang dilakukan oleh windows membuat PC Anda akan semakin berat.

Maka dari itu Anda dapat mencoba Cara Meningkatkan Kinerja Windows 10. Namun, jika Anda berurusan dengan PC yang lamban, itu tidak berarti Anda harus menggantinya Anda dapat mengikuti langkah-langkah Cara Mengatasi windows 10 lemot.

Dalam panduan Windows 10 ini , kami akan memandu Anda Cara Mengatasi Windows 10 Lemot dengan cara berbeda Anda dapat mencoba untuk mempercepat, mengoptimalkan, dan meningkatkan kinerja perangkat Anda baik itu menggunakan perangkat keras lama atau modern.

Cara Mengatasi Windows 10 Lemot

1. Nonaktifkan/Disable Startup Apps

Banyak aplikasi yang diinstal di komputer Anda dapat mengconfigurasi sendiri untuk diluncurkan/dimulai secara otomatis selama pengaktifan dan terus berjalan di background proses.

Namun, jika Anda tidak menggunakan aplikasi tersebut setiap hari, atau Anda tidak memiliki perangkat yang mumpuni, aplikasi tersebut dapat memakan sumber daya sistem, yang dapat memperlambat pengalaman secara signifikan.

Untuk menonaktifkan aplikasi saat startup di Windows 10, gunakan langkah-langkah ini:

  1. Buka Pengaturan .
  2. Klik Aplikasi .
  3. Klik Startup .
  4. Klik menu Sort by dan pilih opsi Startup impact .
  5. Matikan tombol switch untuk aplikasi apa pun yang bukan prioritas (terutama yang ditandai sebagai “Prioritas tinggi”).
    Cara Mengatasi Windows 10 Yang Lemot
  6. Hidupkan Kembali komputer Anda.

Setelah Anda menyelesaikan langkah-langkahnya, perangkat Anda sekarang akan mulai lebih cepat dari sebelumnya. Tentu saja, tingkat peningkatan akan bervariasi tergantung pada aplikasi yang Anda nonaktifkan dan konfigurasi perangkat keras Anda.

Itulah Cara Meningkatkan Kinerja PC Windows 10 yang dapat anda lakukan untuk meningkatkan performa PC Anda.

Windows 10 Lemot Windows 10 Lemot Windows 10 Lemot Windows 10 Lemot

Baca juga : Cara Setting DNS 1.1.1.1 CloudFlare

2. Nonaktifkan/Disable App on StartUp

Windows 10 juga menyertakan fitur yang dapat memulai ulang aplikasi dari sesi terakhir Anda setelah reboot bahkan sebelum Anda masuk ke akun Anda.

Meskipun fitur ini telah dirancang untuk mempercepat proses agar dapat kembali ke aplikasi Anda dengan cepat, fitur ini juga dapat memengaruhi kinerja sistem.

Jika App on StarpUp saat startup diaktifkan, Anda dapat menonaktifkannya dengan langkah-langkah berikut:

  1. Buka Pengaturan .
  2. Pilih Menu Account .
  3. Lalu pilih Sign-in Options
  4. Di bawah bagian “Privasi”, nonaktifkan Gunakan info masuk saya untuk menyelesaikan penyiapan perangkat saya secara otomatis dan membuka kembali aplikasi saya setelah opsi peningkatan atau mulai ulang .
    Cara Mengatasi Windows 10 Lelet

Setelah Anda menyelesaikan langkah-langkah tersebut, aplikasi yang saat ini Anda jalankan tidak akan dibuka kembali selama restart yang mempercepat kinerja sistem secara keseluruhan.

Itulah Cara Meningkatkan Kinerja PC Windows 10 yang dapat anda lakukan untuk meningkatkan performa PC Anda.

3. Nonaktifkan/Disable Backgroupd Apps

Di samping kemampuan aplikasi untuk berjalan saat startup, aplikasi tertentu dapat terus melakukan sejumlah tugas di latar belakang meskipun Anda tidak menggunakannya.

Jika Anda ingin meningkatkan kinerja Windows 10 sebanyak mungkin, Anda dapat menonaktifkan aplikasi yang tidak Anda inginkan untuk bekerja di latar belakang, atau Anda dapat menonaktifkan fitur tersebut sepenuhnya.

Untuk menonaktifkan aplikasi latar belakang di Windows 10, gunakan langkah-langkah ini:

  1. Buka Pengaturan .
  2. Klik Privasi .
  3. Klik pada Background Apps .
  4. Matikan atau mode off untuk aplikasi yang ingin Anda cegah agar tidak berjalan di latar belakang.
    Cara Meningkatkan Kinerja PC
  5. (Opsional) Matikan  Biarkan aplikasi berjalan di latar belakang untuk menonaktifkan fungsionalitas untuk semua aplikasi Store.

Setelah Anda menyelesaikan langkah-langkah tersebut, aplikasi tidak akan menyia-nyiakan sumber daya sistem saat Anda tidak menggunakannya secara aktif untuk meningkatkan kinerja.

Itulah Cara Meningkatkan Kinerja PC Windows 10 yang dapat anda lakukan untuk meningkatkan performa PC Anda.

Windows 10 Lemot Windows 10 Lemot Windows 10 Lemot Windows 10 Lemot

Baca juga : 5 Langkah Cara Mengembalikan Kontak GMail

4. Uninstall Aplikasi yang tidak penting

Biasanya, saat Anda membeli perangkat baru, perangkat itu akan datang dengan banyak aplikasi yang sudah diinstal sebelumnya yang tidak Anda perlukan, termasuk bloatware dan alat yang biasa Anda tidak pernah gunakan dan hanya akan membuang-buang ruang dan sumber daya di komputer Anda.

Anda harus selalu mempertimbangkan untuk mencopot pemasangan semua aplikasi yang tidak pernah Anda gunakan untuk meningkatkan kinerja sistem:

  1. Buka Pengaturan .
  2. Klik Aplikasi .
  3. Klik Aplikasi & fitur .
  4. Pilih aplikasi yang ingin Anda hapus.
  5. Klik tombol Uninstall .
    Cara Mengatasi Windows 10 Lemot

Setelah Anda menyelesaikan langkah-langkah tersebut, Anda mungkin perlu mengulangi instruksi untuk menghapus aplikasi tidak penting lainnya dari komputer Anda.

Itulah Cara Meningkatkan Kinerja PC Windows 10 yang dapat anda lakukan untuk meningkatkan performa PC Anda.

5. Install aplakasi ter update

Cara Meningkatkan Kinerja PC berikut nya  adalah dengan melakukan install aplikasi ter update. Aplikasi yang lama dan tidak ada pembaharuan atau update dapat menjadi salah satu melambat nya kinerja dari komputer Anda, jika aplikasi tidak di update oleh pengembang dapat membuat aplikasi yang dimuat dengan fitur yang tidak perlu dapat berdampak negatif pada kinerja perangkat Anda.

Untuk menjaga komputer Anda tetap sehat dan tajam, luangkan waktu Anda untuk meneliti, dan hanya instal aplikasi yang bagus. Jika memungkinkan, instal aplikasi dari Microsoft Store, yang telah diperiksa performa dan keamanannya. Jika Anda tidak dapat menemukan aplikasi yang Anda perlukan di Store, unduh aplikasi alternatif dari sumber web tepercaya, dan pastikan aplikasi tersebut dirancang untuk Windows 10.

Itulah Cara Meningkatkan Kinerja PC Windows 10 yang dapat anda lakukan untuk meningkatkan performa PC Anda.

Baca juga : Cara Menambahkan Dark Mode WordPress

6. Dapatkan kembali ruang hard drive

Cara Meningkatkan Kinerja PC berikut nya  adalah menghapus file temporary pada HDD. Tidak masalah apakah itu Solid-State Drive (SSD) atau Disk Hard Drive (HDD) tradisional, mengisi drive tidak pernah menjadi ide yang baik karena akan memengaruhi kinerja.

Jika Anda memiliki komputer yang cukup baru dan mulai memperhatikan bahwa aplikasi, penyalinan file, dan tugas lain membutuhkan waktu lebih lama dari biasanya, salah satu alasannya mungkin karena ruang penyimpanan drive hampir habis. Biasanya, ini terlihat setelah mengisi sekitar 70 persen dari total kapasitas penyimpanan.

Salah satu cara untuk menjaga penyimpanan agar tidak mempengaruhi kinerja adalah dengan menggunakan Storage Sense untuk menghapus file yang tidak perlu untuk mendapatkan kembali ruang.

Untuk membersihkan drive menggunakan Storage Sense, gunakan langkah-langkah ini:

  1. Buka Pengaturan .
  2. Klik Sistem .
  3. Klik Penyimpanan .
  4. Di bawah bagian “Disk Lokal”, klik item File sementara . (Jika Anda tidak melihat opsi, klik tautan Tampilkan kategori lainnya.)
    Cara Meningkatkan Kinerja PC
  5. Periksa file yang ingin Anda hapus.
    Tip : Saat memilih file sementara yang ingin Anda hapus, pertimbangkan bahwa memilih opsi Download akan menghapus semua yang ada di dalam folder “Download”. Jika Anda ingin menyimpan file-file ini, jangan centang opsi ini. Selain itu, jika tersedia, Anda dapat memilih untuk menghapus item “Instalasi Windows Sebelumnya”, tetapi setelah Anda menghapus file ini, Anda tidak akan dapat mengembalikan ke versi OS sebelumnya.
  6. Klik tombol Hapus file .
    Cara Untuk Meningkatkan Kinerja PC di Windows 6 1 - Windows 10 Lemot

Setelah Anda menyelesaikan langkah-langkahnya, Anda akan mulai melihat peningkatan kinerja komputer Anda.

Jika Anda menggunakan OneDrive, Anda juga dapat menggunakan File Sesuai Permintaan untuk mengosongkan ruang, tetapi akan membutuhkan lebih banyak waktu untuk mengunduh file, dan panduan ini berfokus pada kinerja, karena itu kami tidak mencantumkannya sebagai opsi. Namun, jika Anda ingin menggunakan fitur ini, Anda dapat memeriksa panduan mendalam kami untuk menggunakan File OneDrive Sesuai Permintaan .

Jika Anda masih kehabisan ruang, Anda dapat merujuk ke panduan ini dengan lebih banyak tip untuk mengoptimalkan ruang penyimpanan di komputer Anda.

Itulah Cara Meningkatkan Kinerja PC Windows 10 yang dapat anda lakukan untuk meningkatkan performa PC Anda.

Windows 10 Lemot Windows 10 Lemot Windows 10 Lemot Windows 10 Lemot

7. Jalankan alat defragmentasi

Cara Meningkatkan Kinerja PC berikut nya  adalah dengan melakukan defragment pada HDD untuk merapikan file pada HDD. Jika Anda menggunakan SSD, Anda tidak perlu melakukan defragment. Namun, jika perangkat Anda masih menggunakan HDD tradisional, menggunakan alat tersebut dapat meningkatkan daya tanggap sistem.

Untuk menjalankan alat defragmentasi untuk mempercepat penyimpanan sistem, gunakan langkah-langkah berikut:

  1. Buka Pengaturan .
  2. Klik Sistem .
  3. Klik Penyimpanan .
  4. Di bawah bagian “Setelan penyimpanan lainnya”, klik opsi Optimalkan Drive .
  5. Pilih drive dari daftar.
  6. Klik tombol Optimalkan .

Setelah Anda menyelesaikan langkah-langkahnya, alat tersebut akan mengatur file agar menghabiskan lebih sedikit waktu untuk mencarinya saat dibutuhkan lagi, yang akan menghasilkan peningkatan kinerja yang nyata. Waktu untuk menyelesaikan proses akan bergantung pada ukuran drive, data pada drive, dan konfigurasi sistem.

Itulah Cara Meningkatkan Kinerja PC Windows 10 yang dapat anda lakukan untuk meningkatkan performa PC Anda.

8. Aktifkan ReadyBoost

Jika Anda memiliki perangkat lama yang masih menggunakan hard drive platter berputar tradisional, Anda dapat mengaktifkan ReadyBoost untuk meningkatkan kinerja komputer Anda.

ReadyBoost adalah fitur yang telah ada sejak lama, dan menggunakan drive yang dapat dilepas, seperti flash drive atau kartu SD, untuk menyimpan file dan meningkatkan kinerja keseluruhan tanpa perlu menambahkan lebih banyak memori.

Penting: Jika Anda menggunakan SSD, Anda tidak perlu mengaktifkan ReadyBoost karena Anda tidak akan melihat manfaat apa pun.

Untuk mengaktifkan ReadyBoost di Windows 10, sambungkan flash drive USB, dan gunakan langkah-langkah ini:

  1. Buka File Explorer .
  2. Klik “This PC” dari panel kiri.
  3. Di bawah bagian “Perangkat dan drive”, klik kanan flash drive USB, dan pilih opsi Properti .
  4. Klik pada tab ReadyBoost .
    Tips : Anda hanya dapat menggunakan perangkat tertentu untuk mengaktifkan fitur tersebut. Jika drive dapat menangani ReadyBoost, Windows 10 akan memberi tahu Anda selama pengaturan.
  5. Pilih opsi Dedikasikan perangkat ini untuk ReadyBoost .
  6. Klik tombol Apply .
  7. Klik tombol OK .

Setelah Anda menyelesaikan langkah-langkahnya, drive yang dapat dilepas akan meningkatkan kinerja perangkat Anda.

Itulah Cara Meningkatkan Kinerja PC Windows 10 yang dapat anda lakukan untuk meningkatkan performa PC Anda.

9. Scan komputer dari virus

Cara Meningkatkan Kinerja PC berikut nya  adalah scan komputer anda untuk menjaga dari virus. Terkadang alasan mengapa komputer Anda lambat adalah karena virus. Virus, spyware, adware, dan program jahat lainnya diketahui memakan banyak sumber daya sistem (seperti memori, hard drive, dan prosesor) sehingga perangkat tidak dapat digunakan.

Meskipun setiap instalasi Windows 10 dilengkapi dengan Windows Defender Antivirus, virusmasih mungkin menginfeksi komputer Anda.

Jika Anda mencurigai bahwa perangkat Anda terinfeksi, Anda harus mencoba menjalankan pemindaian virus lengkap dengan langkah-langkah ini:

  1. Buka Start .
  2. Cari Keamanan Windows dan klik hasil teratas untuk membuka aplikasi.
  3. Klik pada Virus & perlindungan ancaman .
  4. Di bawah bagian “Pembaruan perlindungan virus & ancaman”, klik opsi Periksa pembaruan .
  5. Klik tombol Periksa pembaruan .
  6. Klik pada Virus & perlindungan ancaman dari panel kiri.
  7. Di bawah bagian “Ancaman saat ini”, klik tautan Opsi pemindaian .
  8. Pilih opsi Pindai penuh .
  9. Klik tombol Pindai sekarang .

Setelah Anda menyelesaikan langkah-langkah tersebut, Windows Defender Antivirus seharusnya dapat mendeteksi dan menghapus virus yang memengaruhi kinerja.

Itulah Cara Meningkatkan Kinerja PC Windows 10 yang dapat anda lakukan untuk meningkatkan performa PC Anda.

Windows 10 Lemot Windows 10 Lemot Windows 10 Lemot Windows 10 Lemot

1.Melakukan pemindaian Windows Defender Offline

Jika Windows Defender Antivirus tidak dapat dijalankan, tidak dapat memperbarui definisinya, atau mengalami masalah dalam menyelesaikan pemindaian, kemungkinan besar komputer Anda terinfeksi virus yang agresif. Dalam kasus ini, coba gunakan fitur pemindaian offline untuk menghapusnya:

  1. Buka Start .
  2. Cari Keamanan Windows dan klik hasil teratas untuk membuka aplikasi.
  3. Klik pada Virus & perlindungan ancaman .
  4. Di bawah bagian “Ancaman saat ini”, klik tautan Opsi pemindaian .
  5. Pilih opsi pemindaian Windows Defender Offline .
  6. Klik tombol Pindai .

Setelah Anda menyelesaikan langkah-langkahnya, komputer Anda akan melakukan boot ulang secara otomatis dan melakukan pemindaian offline untuk mendeteksi dan menghapus ancaman apa pun.

Jika Anda menggunakan solusi antivirus lain, seperti  Bitdefender , Trend Micro , atau Norton , pastikan untuk memeriksa dokumentasi dukungan mereka untuk menghapus virus dan program berbahaya lainnya.

Itulah Cara Meningkatkan Kinerja PC Windows 10 yang dapat anda lakukan untuk meningkatkan performa PC Anda.

10. Instal pembaruan terkini

Cara Meningkatkan Kinerja PC berikut nya  adalah melakukan update pada sistem operasi Windows 10 untuk mendapatkan fitur terbaru . Menginstal pembaruan sistem dan driver terbaru adalah cara untuk meningkatkan kinerja Windows 10.

1.Installing Windows Update

Pembaruan pada Windows 10 terjadi secara otomatis, tetapi tergantung pada pembaruan, mereka tidak menginstal segera setelah tersedia. Jika Anda menghadapi masalah kinerja, perangkat Anda mungkin kehilangan beberapa pembaruan.

Untuk menginstal pembaruan secara manual di Windows 10, gunakan langkah-langkah ini:

  1. Buka Pengaturan .
  2. Klik Perbarui & Keamanan .
  3. Klik Pembaruan Windows .
  4. Klik tombol Periksa pembaruan .
  5. (Opsional) Di bawah bagian “Pembaruan opsional tersedia”, jika ada pembaruan kumulatif yang tersedia, klik opsi Unduh dan pasang sekarang .
  6. Klik tombol Restart sekarang .

Setelah Anda menyelesaikan langkah-langkah tersebut, pembaruan baru akan membantu meningkatkan kinerja sistem.

2.Update Windows 10 ke versi terbaru

Jika Anda menjalankan rilis yang lebih lama, meningkatkan ke versi terbaru Windows 10 terkadang dapat meningkatkan kinerja. Misalnya,sebagai contoh  ketika Microsoft merilis versi 1903 (Pembaruan Mei 2019) , pembaruan fitur menyertakan tambalan untuk memanfaatkan dengan baik banyak inti yang tersedia pada prosesor AMD Ryzen. Setelah pembaruan, perangkat yang menggunakan prosesor AMD ini mengalami lonjakan kinerja hingga 21 persen untuk tugas-tugas single-threaded.

Untuk meningkatkan ke versi terbaru Windows 10, gunakan langkah-langkah ini:

  1. Buka Pengaturan .
  2. Klik Perbarui & Keamanan .
  3. Klik Pembaruan Windows .
  4. Klik tombol Periksa pembaruan .
  5. Di bawah bagian “Pembaruan Fitur”, jika ada versi baru yang tersedia, klik opsi Unduh dan pasang sekarang . (Jika Anda tidak melihat opsinya, kemungkinan perangkat Anda belum kompatibel dengan versi OS terbaru.)
  6. Klik tombol Restart sekarang .

Setelah Anda menyelesaikan langkah-langkah tersebut, perangkat Anda akan restart secara otomatis untuk menyelesaikan penerapan versi baru, yang akan membantu meningkatkan kinerja sistem.

Baca juga : 4 Cara Menyembunyikan Aplikasi, Foto, File di Android dengan Mudah

3.Memperbarui driver perangkat

Sering kali, produsen akan menyediakan versi driver perangkat yang stabil atau pra-rilis untuk meningkatkan kinerja melalui situs web dukungan mereka sebelum dipublikasikan melalui Pembaruan Windows.

Jika perangkat Anda berjalan lambat sebagai akibat dari masalah kompatibilitas atau driver yang dirancang dengan buruk, Anda mungkin dapat mengatasi masalah ini dengan memperbarui driver perangkat secara manual.

Sebelum melanjutkan , pastikan untuk mengunduh paket driver terbaru yang tersedia dari situs web produsen perangkat Anda, buka kompres file menggunakan file ekstensi self-extracting atau .zip, dan kemudian gunakan langkah-langkah berikut:

Penting: Jika tersedia, disarankan untuk menggunakan petunjuk yang diuraikan oleh situs web dukungan produsen perangkat Anda.

  1. Buka Start .
  2. Cari Device Manager dan klik hasil teratas untuk membuka aplikasi.
  3. Perluas cabang untuk perangkat yang ingin Anda perbarui.
  4. Klik kanan perangkat, dan pilih opsi Update Driver .
  5. Klik opsi Jelajahi komputer saya untuk perangkat lunak driver .
  6. Di bawah bagian “Cari driver di lokasi ini”, klik tombol Browse untuk memilih folder dengan driver perangkat terbaru.
  7. Klik tombol Next .
  8. Klik tombol Tutup .

Setelah Anda menyelesaikan langkah-langkah tersebut, versi baru driver akan diinstal untuk mengatasi kompatibilitas atau masalah lain yang memengaruhi kinerja sistem.

4.Memperbarui aplikasi

Aplikasi yang kedaluwarsa juga dapat menyebabkan perangkat Anda berjalan lebih lambat, dan biasanya, ini disebabkan oleh bug atau masalah kompatibilitas dengan versi baru Windows 10.

Meskipun aplikasi yang Anda instal dari Microsoft Store akan diperbarui secara otomatis, banyak aplikasi desktop tradisional perlu diperbarui secara manual.

Jika Anda memiliki aplikasi yang menyebabkan masalah kinerja, sebaiknya kunjungi situs web dukungan perangkat lunak Anda dan ikuti petunjuknya untuk mengunduh dan menginstal pembaruan terbaru untuk meningkatkan kinerja sistem Anda.

Itulah Cara Meningkatkan Kinerja PC Windows 10 yang dapat anda lakukan untuk meningkatkan performa PC Anda.

11. Change Power Plan

Windows 10 dikirimkan dengan tiga paket daya, termasuk Seimbang , Penghemat daya , dan Kinerja tinggi untuk mengoptimalkan penggunaan daya pada perangkat Anda. Jika Anda ingin meningkatkan kinerja, Anda harus menggunakan opsi “Kinerja tinggi”, yang memungkinkan komputer Anda menggunakan lebih banyak daya untuk bekerja lebih cepat.

Untuk memilih rencana daya yang berbeda di komputer Anda, gunakan langkah-langkah berikut:

  1. Buka Panel Kontrol .
  2. Klik pada Hardware and Sound .
  3. Klik Opsi Daya .
  4. Pilih rencana daya kinerja tinggi .

Jika power plan yang ingin Anda gunakan tidak tersedia, Anda dapat membuat power plan kustom untuk meningkatkan kinerja menggunakan pengaturan “High performance”.

Di laptop, Anda juga dapat mengubah “Mode daya” untuk meningkatkan kinerja dengan mengetuk atau mengeklik ikon baterai di area pemberitahuan dan menyetel bilah geser ke opsi Kinerja terbaik .

Itulah Cara Meningkatkan Kinerja PC Windows 10 yang dapat anda lakukan untuk meningkatkan performa PC Anda.

Windows 10 Lemot Windows 10 Lemot Windows 10 Lemot Windows 10 Lemot

12. Nonaktifkan efek visual sistem

Windows 10 menyertakan banyak efek visual dari animasi hingga bayangan hingga visual yang lebih canggih, seperti blur dan transparansi, menampilkan sorotan, dan lainnya sebagai bagian dari Desain Lancar.

Meskipun efek eye-candy ini meningkatkan interaksi dengan elemen-elemen di layar, mereka juga membutuhkan sumber daya sistem tambahan, yang pada perangkat keras modern tidak menjadi perhatian, tetapi dapat memperlambat mesin dengan perangkat keras yang lebih lama.

Jika Anda ingin meningkatkan kinerja sistem sebanyak mungkin, Anda dapat menonaktifkan efek ini untuk menghemat sumber daya dan membuat Windows 10 tampak lebih cepat.

Itulah Cara Meningkatkan Kinerja PC Windows 10 yang dapat anda lakukan untuk meningkatkan performa PC Anda.

Baca juga : 11 Cara Menghubungkan Kamera HP ke Laptop Sebagai Webcam

1. Menonaktifkan efek visual

Untuk menonaktifkan animasi, bayangan, font halus, dan efek lainnya, gunakan langkah-langkah ini:

  1. Buka Pengaturan .
  2. Klik Sistem .
  3. Klik Tentang .
  4. Di bawah bagian “Pengaturan terkait”, klik opsi Info sistem dari panel kanan.
  5. Klik tautan Pengaturan sistem lanjutan dari panel kiri.
  6. Klik tab Advanced .
  7. Di bawah bagian “Kinerja”, klik tombol Pengaturan .
  8. Klik tab Visual Effects .
  9. Pilih opsi Sesuaikan untuk kinerja terbaik untuk menonaktifkan semua efek dan animasi.
    Tips : Menggunakan opsi ini juga akan memengaruhi cara font dirender. Jika Anda ingin menjaga font tetap tajam dan lebih mudah dibaca, pilih opsi Kustom , hapus semua pengaturan, tetapi biarkan opsi Smooth edge of screen font dicentang.
  10. Klik tombol Apply .
  11. Klik tombol OK .

Setelah Anda menyelesaikan langkah-langkah tersebut, efek visual standar akan dinonaktifkan, dan interaksi dengan elemen, seperti jendela dan menu, akan terasa lebih responsif.

2. Menonaktifkan efek transparansi

Untuk menonaktifkan efek visual Fluent Design di Windows 10, gunakan langkah-langkah berikut:

  1. Buka Pengaturan .
  2. Klik Personalization .
  3. Klik Warna .
  4. Matikan sakelar sakelar efek Transparansi .

Setelah Anda menyelesaikan langkah-langkahnya, Windows 10 tidak hanya akan terasa lebih cepat, tetapi perangkat Anda akan membebaskan beberapa sumber daya sistem untuk tugas yang lebih penting.

Itulah Cara Meningkatkan Kinerja PC Windows 10 yang dapat anda lakukan untuk meningkatkan performa PC Anda.

13. Nonaktifkan Searching Indexing

Meskipun pencarian adalah elemen penting dari Windows 10, bagian pengindeksan dapat menghabiskan banyak sumber daya sistem untuk sementara, yang dapat memengaruhi kinerja pada perangkat kelas bawah.

Jika biasanya Anda tahu di mana file Anda berada, Anda dapat mencegah pengindeksan memperlambat komputer Anda dengan langkah-langkah ini:

  1. Buka Pengaturan .
  2. Klik Pencarian .
  3. Klik Pencarian Windows .
  4. Di bawah bagian “More Search Indexer Settings”, klik opsi Advanced Search Indexer Settings .
  5. Klik tombol Modify .
  6. Klik tombol Tampilkan semua lokasi .
  7. Hapus semua lokasi yang dipilih.
  8. Klik tombol OK .
  9. Klik tombol Tutup .

Setelah Anda menyelesaikan langkah-langkahnya, Pencarian Windows akan terus berjalan di perangkat Anda, tetapi Windows 10 tidak akan lagi mengindeks lokasi yang Anda tentukan, yang akan membantu meningkatkan kinerja secara keseluruhan.

Itulah Cara Meningkatkan Kinerja PC Windows 10 yang dapat anda lakukan untuk meningkatkan performa PC Anda.

Baca juga : Cara Reset Jaringan Windows 10,8,7

14. Meningkatkan page filze size

Anda juga dapat meningkatkan ukuran file halaman untuk meningkatkan kinerja sistem.

“File halaman” adalah file tersembunyi di hard drive yang digunakan Windows 10 sebagai memori, dan bertindak sebagai luapan memori sistem yang menyimpan data yang diperlukan untuk aplikasi yang sedang berjalan di komputer Anda.

Untuk mempercepat kinerja Windows 10 menggunakan file halaman, gunakan langkah-langkah ini:

  1. Buka Pengaturan .
  2. Klik Sistem .
  3. Klik Tentang .
  4. Di bawah bagian “Pengaturan terkait”, di panel kanan, klik opsi Info sistem .
  5. Klik tautan Pengaturan sistem lanjutan dari panel kiri.
  6. Klik tab Advanced .
  7. Di bawah bagian “Kinerja”, klik tombol Pengaturan .
  8. Klik tab Advanced .
  9. Di bawah bagian “Memori virtual”, klik tombol Ubah .
  10. Hapus opsi Kelola ukuran file paging untuk semua drive secara otomatis .
  11. Pilih opsi Ukuran khusus .
  12. Tentukan ukuran awal dan maksimum untuk file halaman dalam megabyte.
    Tips: Biasanya, disarankan untuk menggunakan angka yang satu setengah kali dari total memori yang tersedia untuk “Ukuran awal” dan tiga kali dari memori yang tersedia untuk “Ukuran maksimum” bila memungkinkan.
  13. Klik tombol Set .
  14. Klik tombol OK .
  15. Klik lagi tombol OK .
  16. Hidupkan Kembali komputer Anda.

Setelah Anda menyelesaikan langkah-langkah tersebut, perangkat akan restart, dan Anda akan melihat peningkatan kinerja saat menjalankan aplikasi (bahkan lebih jika Anda meningkatkan ukuran file paging di Solid-State Drive).

Jika pengaturan baru menyebabkan masalah, Anda selalu dapat mengembalikan perubahan menggunakan instruksi yang sama, tetapi pada langkah No. 10 , pastikan untuk memilih opsi Ukuran terkelola sistem , dan centang Atur ukuran file halaman secara otomatis untuk semua drive pilihan.

Itulah Cara Meningkatkan Kinerja PC Windows 10 yang dapat anda lakukan untuk meningkatkan performa PC Anda.

15.Restore previous working state

Terkadang pembaruan, driver, atau aplikasi yang baru diinstal mungkin menjadi alasan mengapa komputer Anda berjalan lambat. Jika ini kasus Anda, Anda dapat dengan cepat membatalkan perubahan untuk meningkatkan kinerja dengan kembali ke status kerja baik sebelumnya menggunakan titik Pemulihan Sistem.

  1. Buka Start .
  2. Cari Buat titik pemulihan , dan klik hasil teratas untuk membuka aplikasi System Properties .
  3. Klik tombol System Restore .
  4. Klik tombol Next .
  5. Pilih titik kerja ke pemulihan terbaru yang akan membantu Anda memperbaiki masalah saat ini.
  6. Klik tombol Pindai program yang terpengaruh untuk melihat aplikasi yang akan dihapus jika diinstal setelah titik pemulihan dibuat.
  7. Klik tombol Tutup .
  8. Klik tombol Next .
  9. Klik tombol Selesai .

Setelah Anda menyelesaikan langkah-langkah tersebut, komputer Anda akan kembali ke masa lalu ke keadaan sebelumnya di mana ia berjalan pada kinerja optimalnya.

Perlu dicatat bahwa menggunakan titik pemulihan tidak akan menghapus file Anda, tetapi itu akan menghapus perubahan sistem, pembaruan, driver, dan aplikasi yang diinstal setelah titik pemulihan dibuat.

Pemulihan Sistem dinonaktifkan secara default, oleh karena itu Anda harus mengaturnya sebelum Anda dapat mengembalikan perubahan sistem .

Windows 10 Lemot Windows 10 Lemot Windows 10 Lemot Windows 10 Lemot

16. Memperbaiki file instalasi

Jika Anda mengalami masalah kinerja karena file sistem yang rusak, Anda dapat menggunakan alat baris perintah Deployment Image Service and Management Tool (DISM) dan System File Checker (SFC) untuk memperbaiki instalasi Anda saat ini tanpa perlu menginstal ulang Windows 10.

Itulah Cara Meningkatkan Kinerja PC Windows 10 yang dapat anda lakukan untuk meningkatkan performa PC Anda.

1 Memperbaiki file instalasi dengan DISM

Untuk menggunakan DISM guna memperbaiki file sistem yang rusak untuk meningkatkan kinerja dan stabilitas, gunakan langkah-langkah berikut:

  1. Buka Start .
  2. Cari Command Prompt , klik kanan hasil teratas, dan klik opsi Run as Administrator .
  3. Ketik perintah berikut untuk memperbaiki penginstalan dan tekan Enter :
    DISM /Online /Cleanup-image /Restorehealth

Setelah Anda menyelesaikan langkah-langkah tersebut, jika perbaikan selesai dengan sukses, maka perangkat Anda akan mulai beroperasi secara normal. Jika pemindaian mengalami masalah, maka Anda harus menggunakan perintah SFC. (Anda selalu dapat mempelajari lebih lanjut tentang fitur ini di panduan panduan DISM kami .)

2 Memperbaiki file instalasi dengan SFC

Untuk menggunakan SFC untuk memperbaiki file sistem yang rusak di Windows 10, gunakan langkah-langkah ini:

  1. Buka Start .
  2. Cari Command Prompt , klik kanan hasil teratas, dan klik opsi Run as Administrator .
  3. Ketik perintah berikut untuk memperbaiki penginstalan dan tekan Enter :
    sfc /scannow

Setelah Anda menyelesaikan langkah-langkahnya, alat SFC seharusnya dapat memperbaiki masalah apa pun yang memengaruhi kinerja sistem Anda.

Anda dapat melihat panduan ini yang juga menjelaskan aspek lain dari alat Pemeriksa Berkas Sistem, termasuk langkah-langkah untuk melihat detail pemindaian, memperbaiki file individual, dan melakukan perbaikan sistem luring.

Itulah Cara Meningkatkan Kinerja PC Windows 10 yang dapat anda lakukan untuk meningkatkan performa PC Anda.

17. Setel ulang perangkat Anda

Cara Meningkatkan Kinerja PC berikut nya dalah melakukan Reset pada PC Anda . Jika tidak ada yang meningkatkan kinerja, Anda dapat mengatur ulang perangkat Anda untuk memulai dengan salinan bersih Windows 10 untuk meningkatkan startup dan shutdown, masa pakai baterai, dan kinerja keseluruhan.

Peringatan: Jika Anda memilih untuk tidak menyimpan file Anda, disarankan untuk membuat backup penuh dari PC Anda atau setidaknya membuat salinan file Anda ke drive eksternal sebelum melanjutkan.

  1. Buka Pengaturan .
  2. Klik Perbarui & Keamanan .
  3. Klik Pemulihan .
  4. Di bawah bagian “Setel Ulang PC ini”, klik tombol Mulai .
  5. Klik tombol Simpan file saya . (Anda juga dapat mengklik tombol Hapus semua untuk menghapus semuanya dan menginstal salinan bersih Windows 10.)
  6. Tinjau aplikasi yang akan dihapus, dan klik tombol Reset .

Setelah Anda menyelesaikan langkah-langkah tersebut, Windows 10 akan diinstal ulang dengan menghapus konfigurasi, pengaturan, dan aplikasi sebelumnya untuk membantu Anda meningkatkan kinerja sistem.

Jika Anda memilih opsi untuk menghapus semuanya, hal terakhir yang harus dilakukan setelah reset adalah memulihkan file Anda dari cadangan.

Jika Anda ingin menginstal Windows 10 dari awal, lihat panduan mendalam kami untuk melakukan instalasi yang bersih .

Itulah Cara Meningkatkan Kinerja PC Windows 10 yang dapat anda lakukan untuk meningkatkan performa PC Anda.

Baca juga : 3 Cara Download ISO Windows 10 Original Gratis

18. Tingkatkan ke drive yang lebih cepat

Jika setelah menghabiskan waktu untuk mengutak-atik dan mengubah pengaturan dan mengatur ulang perangkat Anda ke status pabrik, Anda masih tidak melihat peningkatan kinerja, mungkin inilah saatnya untuk mengganti HDD lama Anda ke SSD.

Mengupgrade ke SSD adalah salah satu hal terbaik yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan kinerja sistem. Sebagian karena tidak seperti drive mekanis, Solid-State Drive dibuat tanpa bagian yang bergerak, yang berarti data dapat dibaca dan ditulis jauh lebih cepat.

Pada perangkat yang lebih lama, saat mengganti HDD dengan SSD, Anda akan melihat bahwa Windows 10 akan mulai lebih cepat, aplikasi yang menuntut akan menunjukkan peningkatan yang nyata, dan kinerja keseluruhan akan terasa lebih cepat dan lebih cepat.

Itulah Cara Meningkatkan Kinerja PC Windows 10 yang dapat anda lakukan untuk meningkatkan performa PC Anda.

Baca Juga : Cara Mengganti Background Foto dengan Photoshop

19. Upgrade Memory System

Cara Meningkatkan Kinerja PC berikut nya adalah melakukan upgrade memory pada PC Anda. Memori sistem yang tidak mencukupi atau Random Access Memory (RAM) dapat menjadi salah satu alasan utama desktop atau laptop Anda berjalan lambat, terutama jika Anda bekerja dengan banyak aplikasi dan membuka banyak tab di browser web (Chrome, saya melihat Anda) .

Untuk membuat komputer Anda lebih cepat, pertama-tama Anda ingin mengetahui jumlah total memori yang terpasang pada perangkat Anda dan berapa banyak yang digunakan secara teratur untuk mengetahui apakah Anda perlu menambah lebih banyak memori.

Untuk melihat penggunaan memori total dan saat ini pada perangkat Anda, gunakan langkah-langkah ini:

  1. Buka Start .
  2. Cari Task Manager , dan klik hasil teratas untuk membuka aplikasi.
  3. Klik tab Performance .
  4. Klik Memori dari panel kiri.
  5. Di sebelah kanan, periksa jumlah total RAM di pojok kanan atas, dan di pojok kiri bawah, di bawah “Sedang digunakan (Terkompresi),” Anda dapat mengetahui jumlah total memori yang sedang digunakan.

Jika jumlah total memori “yang digunakan” terus-menerus tinggi (sekitar 80 persen), Anda harus mempertimbangkan untuk menambahkan lebih banyak stik memori.

Meskipun menambahkan lebih banyak RAM ke komputer merupakan proses yang relatif mudah, memastikan Anda mendapatkan memori yang tepat bisa jadi rumit. Selalu ingat untuk menggunakan Task Manager untuk mengetahui jenis memori yang Anda butuhkan dan jika ada slot yang tersedia . Selain itu, disarankan untuk memeriksa situs web produsen perangkat Anda untuk menemukan informasi yang lebih spesifik tentang persyaratan memori.

Windows 10 Lemot Windows 10 Lemot Windows 10 Lemot Windows 10 Lemot

Demikian lah 19 Cara Mengatasi Windows 10 Lemot semoga bermamfaat. Jika kamu rasa artikel ini bermamfaat jangan lupa share. Terimakasih

Share on:

Hi,saya Admin digiKoran senang rasanya dapat berbagi hal melalui tulisan di blog ini. Terimakasih sudah berkunjung. Salam kenal :)【❤】

Satu pemikiran pada “19 Cara Mengatasi Windows 10 Lemot”

Tinggalkan komentar