Cara Mempercepat Loading Blog [Update 2020]

Cara Mempercepat Loading Blog – Mempercepat loading blog merupakan salah satu hal penting dalam optimasi sebuah blog. Hal ini penting karena berhubungan kenyamanan pengguna selain desain UI/UX blog Anda, saat mereka mengunjungi blog anda. Apa jadi nya jika  blog Anda berada pada page one akan tetapi miliki loading blog yang dikatan dengan istilah speed keong, tau kan keong? Begitulah umpamanya saat Anda memiliki situ blog namun untuk kecepatan akses nya sangat lambat.

Ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi page speed blog Anda. Salah satu nya adalah penggunaan HTML dan JavaScript yang dapat memberatkan halaman  blog Anda, lalu pada gambar, gambar yang Anda upload saat membuat artikel akan memberatkan  blog Anda dengan ukuran yang cukup besar hingga beberapa Mb, jika Anda tidak melakukan optimasi gambar ketika ingin melakukan upload.

Anda dapat melihat gambarannya ketika melakukan pengujian dengan GTmetrix dan Page Speed Insights sesudah melakukan optimasi page speed blog pada gambar di bawah :

Tips Cara Mempercepat Loading Blog [Update 2020]

 

Bagaimana cukup baik bukan hasil nya dengan penggunaan 13 plugin sudah termasuk menggunakan Elementor Pro yang notabene di katakan plugin yang cukup berat.

Langsung saja kita check Cara Mempercepat Loading Blog [Update 2020].

Pentingnya Mempercepat Loading Blog

Sebenarnya seberapa penting sih kecepatan loading blog dan seberapa berpengaruh loading blog terhadap blog kita.Jawaban nya adalah ya. Kecepatan suatu blog dapat berpangaruh terhadap SEO, ketika saya membaca sebuah laman web dan mengatakan “Kecepatan blog merupakan salah satu faktor untuk SEO, hal ini di ikuti dengan update nya algoritma google yang baru dan kecepatan blog juga secara tidak langsung dapat mempengaruhi  peringkat pencari di google pencarian dengna meningkatkan rasio pantulan dan bounce rate”.Selain itu kecepatan blog juga menjadi salah satu penunjang kenyamanan user saat mengungji situ blog Anda.

Baca juga : Cara Setting Plugin Rank Math SEO [1]

Cara Mempercepat Loading Blog

Ketahui kebutuhan situ blog Anda artinya Anda harus tau situ blog anda untuk bagian apa, jangan memberikan hal berlebihan untuk blog Anda.

Secara garis besar ada beberapa tahapan yang perlu Anda lakukan untuk dapat memberikan efek secara signifikan dalam mempercepat loading blog.

  1. Audit terlebih dahulu blog Anda untuk mendapat gambaran pada bagian mana blog Anda yang kurang. Anda dapat melakukan nya dengan tools online gtmetrix,google page speed dll.
  2. Gunakan plugin secara efektif, begitu banyak plugin yang tersebar Anda harus memilah nya dalam menggunakan nya.
  3. Gunakan plugin chache
  4. Gunakan plugin optimasi kecepatan blog
  5. Optimasi gambar dengan lazy load gambar dan compress gambar.
  6. Jika Anda sudah memiliki iklan seperti Adsense anda dapat menggunkan lazyload adsense sama hal nya seperti lazy load gambar.
  7. Optimasi penggunaan HTML,CSS dan JavaScript.
  8. Gunakan fitur CDN.

1.Audit Situ Blog

Melakukan audit pada blog merupakan langkah utama yang harus kita lakukan. Ini berguna untuk mengetahui kekurangan blog kita apa. Anda dapat menggunakan tools online seperti

  1. GTmetrix
  2. Page Speed Insights
  3. WebDev

Saya ambil sebagai contoh mengunakan GTmetrix, dari beberapa tools untuk audit kecepatan  blog GTmetrix yang paling stabil.

Pertama Anda menuju halaman GTmetrix lalu pada tampilan home Anda masukkan alamar ulr dari situ blog Anda dan lalukan test. Anda kan mendapati hasil test dan bisa melihat pada bagian bawah menu PageSpeed,YSlow dll.

Pada gambar di atas lihat pada menu PageSpeed-> Minify JavaScript ini artinya kita perlu melakukan optimasi pada bagian tersebut untuk menaikkan grade dari Minify JavaScript, tapi kamu tidak harus mencapai grade A(100) jika sudah di atas 80 atau 90 itu sudah cukup dan kamu harus perhatikan prioritas apa itu High,Low atau Medium.

2.Penggunaan Plugin

Gunakan plugin secara efektif, begitu banyak plugin yang tersebar Anda harus memilah nya dalam menggunakan nya. Kita ambil contoh jika Anda sudah menggunakan Rank Math anda tidak perlu lagi menggunakan Yoast SEO hal ini sangat berlebihan dan dapat memberatkan situ blog Anda, gunakan salah satu.

Baca juga : Plugin Sitemap WordPress Terbaik 2020

3.Gunakan Plugin Cache

Penggunaan plugin chache sangat efektif untuk mempercepat loading blog Anda. Apa pasal ? Karena chace sendiri miliki fungsi meyimpan banyak informasi (stylesheet, gambar, file JavaScript, dan lainnya) dalam cache sehingga ketika pengunjung kembali ke  Anda, browser tidak perlu memuat ulang seluruh halaman.

Lalu plugin chache apa yang saya gunakan ?

Saya menggunakan plugin chache WP Fastest Cache, plugin cukup baik walau menggunakan versi free tetapi efek nya sangat terasa.

Untuk pengaturan plugin chache bagaimana ?

Ok untuk pengaturan nya  Anda dapat mengikuti seperti gambar di bawah ini :

Tips Cara Mempercepat Loading Blog [Update 2020]

Untuk pengaturan lebih lengkap Anda dapat melihat artikel ini Cara Setting Plugin WP Fastest Cache.

4.Menggunakan Plugin Optimasi Kecepatan Blog

Dari sekian banyak plugin untuk kita di hadapkan dengan banyak pilihan. Sering sekali kita melakukan coba-coba terhadap beberapa plugin yang ada. Saya sendiri melakukan itu dan saya sudah mendapat mana plugin yang cocok walau menggunakan versi free. Plugin optimasi ini dapat menangani berbagai masalah yang menyangkut kecepatan blog Anda sepeti Minify CSS,HTML dan Javascript.

Lalu plugin optiasi apa yang saya gunakan ?

Saya mengugnakan plugin Autoptimize. Plugin ini sangat power full dengan versi free nya.Maklum orang nya masih kere pake yang free dulu. Tapi jangan ragukan untuk soal performanya Anda dapat melihat blog. Itu hasil dari kombisa dari plugin free saja.

Untuk pengaturan plugin Autoptimize bagaimana ?

Ok untuk pengaturan nya  Anda dapat mengikuti seperti gambar di bawah ini :

Tips Cara Mempercepat Loading Blog [Update 2020]

Untuk pengaturan lebih lengkap Anda dapat melihat artikel ini Cara Setting Plugin Autoptimize.

5.Optimasi gambar

Melakukan optimasi pada gambar merupakan hal yang penting, kenapa ? Jika Anda melakukan upload gambar saat membuat sebuah artikel dan tidak melakukan optimasi pasti blog akan semakin berat.  Ini terjadi karena ukuran dari gambar tersebut bisa saja dengan ukuran yang besar.

Lalu cara apa yang dapat kita lakukan untuk mengatasi masalah ini. Ada dua cara seperti di awal yang saya sebutkan dengan lazy load gambar dan compress gambar sebelum upload. Kedua cara ini memiliki fungsi yang berbeda kita bawah satu-satu.

Baca juga : 8 Tutorial SEO Terbaik Untuk Pemula 2020

1.Lazy Load Gambar

Ini merupakan plugin namun disini kita tidak udah lagi melakukan install plugin khusus lazy load gambar.Karena lazy load gambar sudah include pada plugin Autoptimize dan WP Fastest Cache, namun pada WP Fastest Cache fitur unu hanya ada pada versi premium, maka dari itu kita menggunakan plugin Autoptimize karena ini pada versi free sekalipun masih bisa di gunakan.

Untuk pengaturan Lazy Load Gambar bagaimana ?

Ok untuk pengaturan nya  Anda dapat mengikuti seperti gambar di bawah ini :

Tips Cara Mempercepat Loading Blog [Update 2020]

Untuk melakukan compress gambar bagaimana ?

Untuk compress gambar saya biasakan menggunakan tools online seperti iloveimg dan masih banyak tools dapat kamu gunakan.

Baca juga : 10 Tips Cara Agar Blog Di Index Google

6.Gunakan CDN

Penggunaan CDN merupakan juga dapat memberikan efek yang signifikan karena CDN sendiri memiliki fungsi sebagai data center. Ada beberapa CDN free yang dapat Anda gunakan seperti CDN CloudFlare, CDN Photon dan ada juga yang versi berbayar jika Anda memiliki cukup biaya. Saya sendiri menggunakan CDN CloudFlare yang versi free. Untuk menggunakan CDN anda dapat melihat artikel ini Cara Setting CDN di WordPress.

Demikian lah tutorial Cara Mempercepat Loading Blog sekira nya ada salah tolong koreksi nya karena ini berdasarkan pengalaman saya sendiri. Semoga bermamfaat jangan lupa share jika ini membantu mu.

Share on:

2 pemikiran pada “Cara Mempercepat Loading Blog [Update 2020]”

Tinggalkan komentar