10 Tips Cara Agar Blog Di Index Google

Cara Agar Blog Di Index Google – Untuk dapat tampil di halaman pencarian google merupakan hal di inginkan ketika Anda membangun sebuah blog.Maka dari itu Anda perlu mengetahui 10 Tips Cara Agar Blog Di index Google.Jika Google tidak melakukan index terhadap blog Anda,mungkin tidak akan ada trafik pengunjung yang akan datang ke blog Anda. Untuk itu penting untuk Anda melakukan index agar google dapat menampilkan blog Anda situs pencarian Google.

Pada artikel ini akan membahas bagaimana cara memperbaiki indeks pada blog Anda.Terdapat beberapa masalah yang biasa di alami yaitu

  1. Blog tidak di index
  2. Beberapa halaman di index, tetapi ada halaman yang tidak di indeks
  3. Saat melakukan index pada blog Anda lama.

Lanjutkan membaca artikel 10 Tips Cara Agar Blog Di index Google agar blog Anda dapat tampil ke situs pencarian google.

Apa itu Crawling dan Index

Google menemukan halaman web baru dengan cara merayapi web, dan kemudian mereka menambahkan halaman tersebut ke indeks mereka . Mereka melakukan ini menggunakan dengan sebutan “web spider” atau  yang biasa disebut Googlebot .

Ada beberapa point penting yang harus Anda pahmi dalam melakukan 10 Tips Cara Agar Blog Di index Google :

  1. Merayapi / Crawling  : Proses mengikuti hyperlink di web untuk menemukan konten baru.
  2. Pengindeksan / Indexing: Proses menyimpan setiap halaman web dalam database yang luas.
  3. Web Spider : Perangkat lunak yang dirancang untuk melakukan proses perayapan dalam skala besar.
  4. Googlebot : Google web spider.

Cara memeriksa apakah blog di index di Google

Untuk melakukan pemeriksaan ini cukup mudah, Anda melakukan nya dengan cara mengetikkan url site:urlbloganda.com, lalu lihat hasil dari pencari google.

Tips Cara Agar Blog Di Index Google

Terlihat pada gambar di atas sekiat 25 hasil pencarian ketika saya menguji untuk alamat situs blog saya. Lalu untuk memasikan apakah halaman blog Anda benar-benar di index oleh google Anda dapat melihat pencarian yang ada di halaman pencarian google.

Hal yang sama juga anda dapat melakukan nya untuk melakukan pemeriksaan terhadap artikel yang baru Anda index di Googl Search Console. Anda dapat melakukan nya dengan mengetikkan site:linkurl.com

Tips Cara Agar Blog Di Index Google

Saat Anda melakukan pemeriksaan link url dan terdapat seperti gambar diatas, itu menandakan bahwa link url Anda sudah benar-benar terindex di google.

Cara Agar Blog Di Index Google

Ada beberapa langkah yang dapat Anda lakukan agar google dapat melakukan index terhadap blog Anda. Untuk melakukan itu Anda dapat mengikuti langkah-langkah di bawah ini :

  1. Buka Google Search Console
  2. Update peta situs sitemap.xml Anda
  3. Lalu Arahkan ke alat inspeksi URL
  4. Copy URL yang Anda ingin agar di index oleh Google ke dalam bilah pencarian.
  5. Lalukan UJI URL Aktif terlebih dahulu
  6. Setelah selesai Klik tombol “Minta pengindeksan”

Cara di atas merupakan secara umum agar blog Anda dapat di Index oleh Google. Cara ini merupakan hal yang efektif untuk di lakukan, saya sendiri ketika baru selesai membuat sebuah postingan. Saya selalukan melakukan 5 langkah di atas. Hasil nya ? Tidak kurang dari 1 jam url postingan saya sudah di index oleh google. Anda dapat mengikuti langkah Cara Agar Blog Di index Google.

Baca juga : Cara Setting Plugin Rank Math SEO [1]

1) Hapus blok perayapan di file robots.txt Anda

Apakah Google tidak mengindeks seluruh blog Anda? Ini bisa jadi karena blok perayapan dalam sesuatu yang disebut file robots.txt .

Untuk memeriksa masalah ini, buka domainanda.com/robots.txt .

Cari salah satu dari dua cuplikan kode berikut:

1User-agent: Googlebot
2Disallow: /
1User-agent: *
2Disallow: /

Keduanya memberi tahu Googlebot bahwa mereka tidak diizinkan untuk merayapi laman apa pun di situs Anda. Untuk memperbaiki masalah, hapus mereka. Ini yang sederhana.

Blok perayapan di robots.txt juga bisa menjadi penyebabnya jika Google tidak mengindeks satu laman web. Untuk memeriksa apakah ini masalahnya, tempel URL ke alat inspeksi URL di Google Search Console. Klik blok Cakupan untuk menampilkan lebih banyak detail, lalu cari tautan “Perayapan diizinkan? Tidak: diblokir oleh robots.txt ”.

Ini menunjukkan bahwa halaman diblokir di robots.txt.

Jika demikian, periksa kembali file robots.txt Anda untuk mengetahui aturan “larang” yang terkait dengan laman atau sub-bagian terkait.

2) Hapus tag noindex yang buruk

Google tidak akan mengindeks halaman jika Anda menyuruh mereka untuk tidak melakukannya. Ini berguna untuk menjaga privasi beberapa halaman web. Ada dua cara untuk melakukannya:

  1. Tag Meta
  2. x-Robot-Tags

3) Sertakan halaman dalam peta situs Anda

Peta situs memberi tahu Google halaman mana di situs Anda yang penting dan mana yang tidak. Ini juga dapat memberikan beberapa panduan tentang seberapa sering mereka harus dirayapi ulang.

Google semestinya dapat menemukan laman di situs web Anda terlepas dari apakah laman itu ada di peta situs Anda, namun tetap merupakan praktik yang baik untuk menyertakannya. Lagi pula, tidak ada gunanya mempersulit hidup Google.

4) Hapus tag kanonik yang buruk

5) Pastikan halaman url dapat di akses

6) Perbaiki tautan internal nofollow

Tautan nofollow adalah tautan dengan tag rel = “nofollow”. Mereka mencegah transfer PageRank ke URL tujuan . Google juga tidak merayapi tautan nofollow.

Inilah yang dikatakan Google tentang masalah tersebut:

Pada dasarnya, menggunakan nofollow menyebabkan kami menghapus tautan target dari grafik web kami secara keseluruhan. Namun, halaman target mungkin masih muncul di indeks kami jika situs lain menautkannya tanpa menggunakan nofollow, atau jika URL dikirimkan ke Google dalam peta situs.

Singkatnya, Anda harus memastikan bahwa semua tautan internal ke halaman yang dapat di index diikuti.

Baca juga : Plugin Sitemap WordPress Terbaik 2020

7) Tambahkan tautan internal yang “kuat”

Google menemukan konten baru dengan merayapi situs web Anda. Jika Anda lalai untuk menautkan secara internal ke halaman yang dipermasalahkan maka mereka mungkin tidak dapat menemukannya.

Salah satu solusi mudah untuk masalah ini adalah menambahkan beberapa tautan internal ke halaman. Anda dapat melakukannya dari halaman web lain yang dapat dirayapi dan diindex Google. Namun, jika Anda ingin Google mengindeks laman itu secepat mungkin, masuk akal untuk melakukannya dari salah satu laman Anda yang lebih “canggih”.

Mengapa? Karena Google cenderung meng-crawl ulang halaman tersebut lebih cepat daripada halaman yang kurang penting.

8) Pastikan halaman blog berharga dan unik

Google tidak mungkin mengindeks halaman berkualitas rendah karena halaman tersebut tidak memiliki nilai bagi penggunanya.

9) Hapus halaman berkualitas rendah (untuk mengoptimalkan “anggaran crawl”)

Memiliki terlalu banyak halaman berkualitas rendah di situs Anda hanya akan menghabiskan anggaran perayapan.

Dikutip dari Google tentang masalah tersebut:

Memboroskan sumber daya server pada [laman bernilai tambah rendah] akan mengurangi aktivitas perayapan dari laman yang benar-benar bernilai, yang dapat menyebabkan penundaan yang signifikan dalam menemukan konten yang bagus di situs.

Google menyatakan bahwa “anggaran perayapan bukanlah sesuatu yang harus dikhawatirkan oleh sebagian besar penayang,” dan bahwa “jika situs memiliki kurang dari beberapa ribu URL, sebagian besar waktu akan dirayapi secara efisien.”

Namun, menghapus halaman berkualitas rendah dari situs web Anda bukanlah hal yang buruk. Ini hanya dapat berdampak positif pada anggaran perayapan.

Baca juga : 8 Tutorial SEO Terbaik Untuk Pemula 2020

10) Bangun backlink berkualitas tinggi

Tautan balik memberi tahu Google bahwa halaman web itu penting.

Untuk transparansi penuh, Google tidak hanya mengindeks halaman web dengan backlink. Ada banyak (milyaran) halaman yang di index tanpa backlink. Namun, karena Google menganggap halaman dengan link berkualitas tinggi lebih penting, halaman tersebut cenderung merayapi — dan dimerayapi ulang — halaman semacam itu lebih cepat daripada yang tidak. Itu mengarah pada pengindeksan yang lebih cepat.

Demikian lah tutorial 10 Tips Cara Agar Blog Di index Google Oleh Google sekiranya Anda merasa ini bermamfaat, jangan lupa untuk share.

Referensi : aharef

Share on:

3 pemikiran pada “10 Tips Cara Agar Blog Di Index Google”

Tinggalkan komentar