BSU BLT BPJS belum Cair ? Lihat 2 Faktor Ini Kendalanya

BSU BLT BPJS belum Cair – Bantuan subsidi upah (BSU) atau bantuan langsung tunai (BLT) BPJS Ketenagakerjaan termin 2 untuk tahap 5 periode November 2020 hingga Desember 2020 resmi cair ke rekening BNI, Mandiri, BCA kepada 567 ribu orang penerima.

Kemnaker telah selesai menyalurkan BSU BLT BPJS Ketenagakerjaan hingga tahap kelima pada 24 November 2020. BSU BLT BPJS Ketenagakerjaan termin kedua ini sudah ada yang cair ke rekening BCA, BRI, BNI, CIMB, Mandiri dan beberapa bank lainnya.

Namun, sejumlah pekerja masih saja mengeluhkan tentang belum cairnya BSU BLT BPJS dari pemerintah. Hingga hari ini, target dari Kemnaker dalam menyalurkan dana insentif belum seluruhnya terpenuhi. Ini diakibatkan karena dana baru tersalurkan kepada sekitar 11 juta penerima, sedangkan target Kemnaker sekitar 12 juta penerima.

BSU BLT BPJS belum Cair ?

Untuk memastikan BLT atau BSU termin 2 tahap 5 cair, segera simak langkah-langkah berikut:

  1. Klik link sso.bpjsketenagakerjaan.go.id
  2. Klik “daftar pengguna” (bagi yang belum punya akun) AYO BACA : Maradona Wafat, Sang Legenda Ternyata Pernah Ingin Jadi Pelatih Timnas Indonesia
  3. Pilih Segmen “PU” (Penerima Upah)
  4. Masukkan e-mail
  5. Kemudian klik “kirim”
  6. Setelah itu, link verifikasi akan dikirimkan melalui email anda. Dan ikuti instruksi selanjutnya.
  7. Kemudian masuk kembali ke link sso.bpjsketenagakerjaan.go.id dan login dengan e-mail dan password yang sudah sudah didaftarkan
  8. Setelah masuk ke dashboard, klik “Kartu Digital” dan klik gambar kartu
  9. Lalu akan muncul data diri dan status aktif atau tidaknya sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan dan nomor rekening.

Tak hanya itu, para karyawan juga bisa melakukan pengaduan secara langsung di kemnaker.go.id jika terjadi masalah pencairan BLT BPJS Ketenagakerjaan atau BSU termin 2 tahap 5.

Berikut ada dua faktor yang bisa jadi menyebabkan keterlambatan cair BLT BPJS Ketenagakerjaan termin II :

Faktor kendala dari rekening pekerja buruh penerima BSU BLT BPJS Ketenagakerjaan.

Yang pertama adalah faktor kendala yang berasal dari rekening penerima bantuan itu sendiri, berikut beberapa kemungkinan yang dapat menyebabkan kendala ini :

  • Rekening tidak sesuai NIK.
  • Rekening yang sudah tidak aktif.
  • Rekening pasif.
  • Rekening yang tidak terdaftar.
  • Rekening telah dibekukan pihak Bank.

Faktor Proses Penyaluran

Selain faktor diatas, ada faktor lain yang menyebabkan keterlambatan dana insentif BPJS untuk dapat cair, yakni tahapan yang harus dilalui Pemerintah dalam menyalurkan dana insentif yang memang cukup panjang.

Hal ini terkadang yang membuat dana bantuan terlambat masuk ke rekening anda. Kira kira apa saja tahapan yang dilalui pemerintah dalam menyalurkan dana insentif BPJS Ketenagakerjaan ?

Berikut merupakan tahapannya berdasarkan peraturan nomor 14 tahun 2020 yang telah ditentukan :

  • Data calon penerima bantuan bersumber dari data peserta aktif program jaminan sosial ketenagakerjaan BPJS Ketenagakerjaan.
  • BPJS Ketenagakerjaan melakukan verifikasi dan validasi data calon penerima bantuan.
  • BPJS Ketenagakerjaan menyampaikan daftar calon penerima bantuan kepada Menaker dengan melampirkan:
    • a. Berita acara
    • b. Surat pernyataan mengenai kebenaran/kesesuaian yang telah diverifikasi dan divalidasi sesuai persyaratan yang telah ditentukan
  • Kuasa Pengguna Anggaran (KPA) menetapkan penerima bantuan berdasarkan daftar calon penerima bantuan.
  • KPA menyampaikan Surat Perintah Membayar Langsung (SPM LS) bantuan kepada Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN). KPPN menyalurkan bantuan pemerintah ke bank penyalur anggota Himbara.
  • Setelah ditetapkan, Kementerian Ketenagakerjaan akan menyampaikan surat perintah membayar BLT Rp600 ribu ke pekerja bergaji Rp5 juta ke Kantor Perbendaharaan Negara.
  • Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara akan menyalurkan BLT ke pekerja bergaji Rp5 juta yang sudah terdaftar menjadi calon penerima ke bank penyalur.
  • Proses penyaluran dana kemudian dipindahbukukan pada rekening penerima secara bertahap.
  • Proses penyaluran BLT dilakukan sesuai ketentuan perundang-undangan.
  • Jika terdapat sisa dana bantuan pemerintah pada bank penyalur sampai akhir tahun anggaran, sisa dana akan disetor kembali ke rekening kas negara.

Akhir Kata~

Demikian artikel  mengenai BSU BLT BPJS belum Cair ? Lihat 2 Faktor Ini Kendalanya. Semoga dapat bermanfaat dan membantu kalian. Sekian dari saya, terima kasih sudah berkunjung.

Share on:

Tinggalkan komentar